Minggu, 11 Apr 2021 13:24 WIB

Terpopuler: Cerita Viral 'Hampir Meninggal' Gara-gara Kopi Susu

Ardela Nabila - detikHealth
VIRAL TIKTOK Kisah viral 'hampir meninggal', mengaku karena kopi susu (Foto: Tangkapan Layar Tik Tok)
Jakarta -

Kopi merupakan salah satu minuman yang kerap dianggap sebagai rutinitas sehari-hari. Selain rasanya yang enak, minum kopi memang bisa memberikan manfaat agar tubuh tetap berenergi sepanjang hari.

Apalagi, dengan menjamurnya toko-toko kopi yang menjual berbagai macam jenis kopi, seperti kopi susu. Terkait kopi susu, seorang gadis berusia 19 tahun membagikan pengalamannya yang harus menjalani perawatan usai meminum kopi susu.

Dalam video yang sempat viral di TikTok dan telah ditonton lebih dari 2 juta kali, gadis yang diketahui bernama Vina itu bercerita bahwa ia hampir meninggal setelah minum kopi susu.

Ia pun menceritakan kronologi peristiwa yang dialaminya dan turut melampirkan foto dirinya saat sedang dirawat.

"Sekarang udah kapok dan nggak nyentuh hal itu lagi," tulis Vina di akun TikToknya, @thefabulousvin, dikutip detikcom atas izin pengguna, Senin (5/4/2021).

Menurut Vina, tubuhnya memang tidak bisa menerima kopi. Ia mengaku bahwa hal tersebut merupakan kali pertama ia merasa sangat kesakitan setelah minum kopi.

"Awalnya muntah, tremor, mati rasa, sesak napas, lalu muntah lagi," tuturnya.

Akibatnya, ia harus menjalani perawatan di rumah. Vina juga mengatakan ia merasa mati rasa selama 12 jam dan sesak napas selama 2 hari. Meski telah menggunakan bantuan oksigen, pernapasannya masih tetap bermasalah.

Setelah 4 hari, Vina akhirnya bisa berjalan lancar. Ia pun mengaku kapok untuk mengonsumsi kopi. Pasalnya, kopi memang mengandung stimulan yang bisa menimbulkan efek yang berbeda-beda pada setiap orang.

Biasanya, tremor atau gemetaran yang muncul usai meminum kopi disebabkan oleh konsumsi kopi berlebihan. Namun, pada beberapa orang yang sangat sensitif, satu atau dua teguk kopi memang bisa menimbulkan efek tremor.

Dikutip dari Mayo Clinic, jumlah konsumsi kafein yang aman bagi kebanyakan orang dewasa adalah sekitar 400 miligram per hari. Bagi anak remaja, dosisnya tentu harus lebih sedikit.

Bagi orang dengan hipersensitivitas tinggi, konsumsi kafein dalam jumlah kecil pun akan memberikan efek samping negatif. Sejumlah gejala yang akan dialami meliputi:

  • Detak jantung meningkat
  • Mual
  • Gugup
  • Cemas
  • Gelisah
  • Insomnia

Umumnya, sensitivitas kafein disebabkan oleh faktor genetik dan kemampuan hati untuk memetabolisme kafein. Sementara itu, alergi kafein terjadi saat sistem kekebalan tubuh menyalahartikan kafein sebagai penyerang berbahaya. Akibatnya, tubuh akan melawannya dengan antibodi.



Simak Video "Fakta Soal Mata Bengkak Gara-gara Sering Main Handphone"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)