Selasa, 13 Apr 2021 18:30 WIB

Tetap Harus Minum 8 Gelas Sehari, Begini Mengaturnya Saat Puasa

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Unrecognizable Muslim Woman Offering Glass Of Water To Camera Standing In Modern Kitchen At Home, Wearing Hijab. Healthy Hydration, Drink More Water And Stay Hydrated. Selective Focus, Cropped Mengatur minum air putih saat puasa. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Prostock-Studio)
Jakarta -

Selama menjalani puasa di bulan Ramadhan, umat muslim diwajibkan untuk menahan lapar dan haus selama kurang lebih 12 jam. Hal itu tentu bisa membuat tubuh terkadang merasa lemas.

Meski begitu, kebutuhan cairan dalam tubuh harus tetap terpenuhi dengan baik. Ini karena sekitar 60 persen tubuh terdiri dari cairan yang terus dijaga setiap hari.

Menurut pakar kesehatan sekaligus Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Profesor Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, kebutuhan air sebanyak 8-10 gelas harus tetap dijaga agar tetap bugar selama berpuasa.

"Banyak minum air, waktu buka sampai dengan sahur. Minumnya 8-10 gelas, itu diatur agar bisa tetap dikonsumsi dengan baik," kata Prof Ari dalam Webinar Online Tips Sehat Puasa ala Guru Besar FKUI, Senin (12/4/2021).

Untuk itu, Prof Ari pun memberikan tips untuk mengatur minum agar kebutuhan 8-10 gelas air per hari bisa tetap terpenuhi, yaitu:

- 2 gelas saat berbuka puasa sambil mengkonsumsi panganan kecil

- 1 gelas setelah sholat magrib

- 1 gelas setelah makan

- 1 gelas sebelum tarawih

- 1 gelas setelah tarawih

- 2-3 gelas saat sebelum dan sesudah sahur

"Minuman bersoda dan kopi tidak disarankan saat sahur. Jika ingin minum kopi, ya lebih baik setelah buka atau sebelum tarawih," pungkasnya.



Simak Video "Kupas Mitos Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)