Rabu, 14 Apr 2021 17:45 WIB

Catat! Manfaat di Balik Anjuran Nabi 3 Buah Kurma saat Berbuka

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Ternyata Ini Alasan Konsumsi Kurma Dianjurkan Saat Bulan Puasa Ilustrasi kurma. (Foto: iStock)
Jakarta -

Sebagian besar orang terbiasa mengkonsumsi makanan atau minuman yang manis untuk berbuka puasa, salah satunya kurma. Kurma ini termasuk buah yang dianjurkan untuk dikonsumsi sebanyak tiga buah.

Pakar kesehatan sekaligus Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Profesor Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH mengatakan kurma mengandung karbohidrat yang kompleks, serat, elektrolit, serta mineral. Selain itu, kandungan kalorinya juga cukup untuk memulihkan tenaga.

"Kurma ini mengandung karbohidrat yang kompleks. Dia ada serat, ada mineral sehingga cukup ideal sesuai dengan anjuran nabi untuk berbuka puasa dengan mengkonsumsi kurma. Sunahnya demikian disebutkan untuk dikonsumsi dalam jumlah ganjil yaitu 1, 3, atau 5 buah," kata Prof Ari dalam Webinar Online 'Tips Sehat Puasa ala Guru Besar FKUI', Senin (12/4/2021).

"Kurma ini juga termasuk buah, jadi pasti ada komponen airnya walaupun kecil. Ini bisa menjadi pilihan utama, terutama pada orang yang mempunyai masalah dengan kencing manis dibandingkan dengan hal-hal yang manis lainnya, seperti yang terbuat dari gula," jelasnya.

Lalu, lebih baik berbuka puasa dengan kurma atau teh manis?

Menanggapi ini, pakar gizi dari FKUI Prof Dr dr Saptawati Bardosono, MSc mengatakan mengkonsumsi kurma dengan air putih saat berbuka sangat bagus. Ini jauh lebih baik jika dibandingkan berbuka puasa dengan teh manis.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan, Prof Saptawati menegaskan kurma bisa meningkatkan gula darah yang menurun selama berpuasa. Kurma mengandung serat yang sangat dibutuhkan tubuh dan juga mengandung antioksidan.

"Ternyata lebih bagus air putih dengan tiga kurma. Kurma bisa meningkatkan gula darah yang sudah menurun. Seratnya juga sangat dibutuhkan dan juga sudah diteliti banyak mengandung antioksidan," jelas Prof Saptawati.

"Jadi, kurma ini luar biasa dan harus dilestarikan berbuka puasa dengan air putih dan tiga kurma sebelum kita sholat magrib, kemudian baru makan malam, tarawih, dan tidur tentu diselingi dengan minum air putih," lanjutnya.



Simak Video "Amankah Penderita Diabetes Buka Puasa dengan Kurma?"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)