Kamis, 15 Apr 2021 08:06 WIB

Demi Viral, Dokter Bedah Plastik Joget TikTok Sambil Pegang Potongan Tubuh

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Dokter bedah diruang operasi. 
dikhy sasra/ilustrasi/detikfoto Viral dokter bedah plastik sedang joget TikTok sambil memegang potongan tubuh pasien. (Foto ilustrasi: dikhy sasra)
Jakarta -

Seorang dokter bedah plastik di Brasil bikin heboh media sosial TikTok setelah mengunggah video yang dianggap tidak etis. Dokter bernama Caren Trisoglio Garcia ini joget di TikTok sambil memegang potongan tubuh pasien dan lemak yang diambil usai prosedur sedot lemak.

Diikutip dari laman Newsweek, video yang dipermasalahkan, yang tampaknya telah dihapus dari halaman TikToknya, menunjukkan Garcia menari dan tersenyum sambil menampilkan kantong bening berisi lemak dan bagian tubuh manusia yang diduga didapatkan dari pasien selama sedot lemak.

Garcia yang memiliki lebih dari 645.000 pengikut di TikTok diduga pamer lemak hasil bedah plastik dalam rekaman tersebut. Atas kejadian ini, lisensi medisnya ditangguhkan oleh Dewan Medis regional di Sao Paulo.

Beberapa cuplikan video Garcia yang mengkhawatirkan disertai dengan keterangan yang sama mengganggu. Beberapa contoh termasuk keterangan, "ini adalah payudara" dan "ini adalah lemak ketiak," yang membuat penonton bergidik ngeri.

Dewan Perkumpulan Bedah Plastik Brasil (SBCP) juga menskors Garcia selama enam bulan. Organisasi tersebut dilaporkan menyebut videonya "tidak etis", selain melanggar beberapa pedoman internal.

Penangguhan dan penyelidikan selanjutnya juga berarti bahwa Garcia tidak dapat menemui pasien saat ini. Izin medisnya dapat dicabut jika terbukti bersalah melakukan kesalahan medis.



Simak Video "Kemenkes Bangun Medical Tourism untuk Selamatkan Devisa Rp 100 T"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)