Sabtu, 17 Apr 2021 09:01 WIB

Pelaku Aniaya Perawat Siloam karena Emosi, Begini Cara Kendalikan Rasa Marah

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Video aksi penganiayaan terhadap perawat sebuah RS di Palembang viral di medsos. Korban melaporkan kejadian ke polisi. (Screenshot video viral) Foto: Video aksi penganiayaan terhadap perawat sebuah RS di Palembang viral di medsos. Korban melaporkan kejadian ke polisi. (Screenshot video viral)
Jakarta -

Seorang perawat RS Siloam Sriwijaya Palembang dianiaya. Perawat tersebut diduga ditonjok, ditendang, dan dijambak oleh keluarga pasien. Saat dimintai keterangan oleh polisi, pelaku mengaku nekat melakukan aksi tersebut karena emosi sesaat.

"Motif tersangka, karena emosi sesaat yang tak terbendung. Ia mengaku saat itu lelah sudah empat hari menjaga anaknya di rumah sakit tersebut. Ia emosi melihat tangan anaknya yang terluka usai dicabut infusnya oleh korban," kata Kapolrestabes Palembang, Kombes Irvan Prawira saat jumpa pers di Mapolrestabes, Sabtu (17/4/2021).

Emosi berlebihan dapat mempengaruhi tindakan yang selanjutnya akan dilakukan. Ahli jiwa dari RS Siloam Bogor, dr Lahargo Kembaren, SpKJ mengatakan meski marah adalah emosi alamiah pada manusia, apabila tidak dikendalikan dengan baik maka akan menimbulkan banyak masalah.

"Marah yg terlalu hebat dan terus menerus berulang jelas akan sangat mengganggu. Lakukan 'Anger Management' (manajemen marah) untuk dapat mengontrol marah agar tidak terjadi hal yang merugikan," kata dr Lahargo kepada detikcom, Sabtu (17/4/2021).

Marah yang tidak terkendali akan merugikan diri sendiri dan orang sekitar. dr Lahargo memberikan tips untuk mengelola emosi di antaranya:

  • Kenali pemicu marah dan segera menghindarinya
  • TIME OUT, tinggalkan segera situasi, keadaan, tempat saat marah terjadi, tenangkan diri
  • Tarik nafas dalam beberapa kali, untuk memberi kesempatan saraf otak mendapatkan oksigen sehingga lebih relaks
  • DISTRACT, alihkan dengan melakukan kegiatan yang menggunakan energi seperti berolahraga, bermain musik, membersihkan, atau berjalan-jalan sebentar
  • Berbicara dengan orang yang mau mendengarkan dengan baik
  • Cari hal-hal yang menggembirakan, lucu dan menyenangkan, seperti menonton film, mendengarkan musik
  • Jika merasa sulit mengendalikan emosi, konsultasikan ke profesional karena ada intervensi khusus yang bisa diberikan


Simak Video "Potret Moeldoko Saat Disuntik Vaksin Nusantara oleh Terawan"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)