Sabtu, 17 Apr 2021 20:02 WIB

Catat! Ini Persiapan Wajib Lansia Sebelum Disuntik Vaksin Corona Saat Puasa

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
MUI keluarkan fatwa vaksinasi COVID-19 tak batalkan puasa. Oleh karena itu vaksinasi COVID-19 di bulan Ramadhan tetap gencar dilakukan di Ibu Kota. Vaksinasi lansia. (Foto ilustrasi: Ari Saputra)
Jakarta -

Kelompok lanjut usia (lansia) masih menjadi prioritas vaksinasi COVID-19 di Indonesia. Pasalnya, kelompok ini memiliki tingkat risiko kematian yang tinggi apabila terinfeksi virus Corona.

"Kalau kita lihat, yang masuk rumah sakit yang wafat untuk non lansia ada sekitar 10 persen dari total yang masuk. Tapi, kalau lansia hampir tiga kalinya," kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers di YouTube Sekretariat Presiden, Senin (5/4/2021).

Oleh karena itu, bagi kelompok lansia yang belum divaksinasi sangat disarankan untuk menerima vaksin Corona. Namun, ada beberapa catatan yang perlu dipersiapkan oleh para lansia sebelum divaksinasi, terlebih bagi mereka yang tengah melaksanakan ibadah puasa Ramadhan.

Dikutip dari unggahan akun Instagram Dinas Kesehatan DKI Jakarta, @dinkesDKI, berikut persiapan lansia untuk vaksin COVID-19 saat puasa.

  1. Istirahat cukup
  2. Minum obat secara teratur bagi lansia dengan penyakit tertentu
  3. Sahur dengan makanan bergizi seimbang
  4. Menerapkan 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta menjaga jarak minimal satu meter. Termasuk menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas.


Simak Video "Komnas KIPI: Efek Vaksin Covid-19 Lebih Banyak Dialami Anak Muda"
[Gambas:Video 20detik]
(ryh/kna)