Minggu, 18 Apr 2021 03:00 WIB

Dampak Makan Berlebihan Saat Sahur

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
ilustrasi obesitas Berlebihan makan saat sahur (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Hayo siapa yang suka makan berlebihan saat sahur? Sebaiknya kurangi deh kebiasaan ini, karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan kamu.

Mungkin sebagian orang sengaja untuk menambah porsi makan saat sahur agar lebih bertenaga saat menjalani puasa. Namun, kenyataannya akan ada banyak masalah kesehatan jika kebiasaan ini kamu biarkan.

Memang apa saja sih dampak makan berlebihan saat sahur? Berikut telah dirangkum detikcom.

1. Berat badan naik

Kebiasaan makan berlebihan saat sahur sebaiknya dikurangi deh kalau nggak mau berat badan jadi bertambah. Apalagi kalau terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak saat sahur.

Menurut ahli gizi Mochamad Aldis Rusliadi, terlalu banyak makan lemak saat sahur justru bisa membuat berat badanmu bertambah, bukan meningkatkan energi.

"Lemak nggak bisa disuplai jadi energi. Lama dipecah dan bikin gendut," kata Aldis beberapa waktu lalu.

2. Cepat lapar

Selain berisiko membuat berat badan bertambah, terlalu banyak makan saat sahur juga membuatmu jadi cepat lapar. Hal ini karena ketika kamu makan berlebihan, hormon leptin yang mengatur sinyal lapar dan kenyang di otak bisa menjadi terganggu.

Akibatnya, rasa lapar bisa saja muncul saat isi perut sebenarnya masih penuh.

3. Malah ngantuk

Ketika perut sedang mencerna makanan, sel-sel di pankreas akan memproduksi insulin yang dapat memicu peningkatan hormon melatonin dan serotonin, yang menyebabkan rasa kantuk.

Oleh karena itu, jika terlalu berlebihan saat makan sahur, kamu akan menjadi mengantuk dan bisa mengganggu aktivitasmu.

4. Perut tidak nyaman

Jumlah makanan yang bisa ditampung oleh lambung umumnya berkisar antara 1-1,5 liter makanan. Apabila lambung sudah penuh, butuh waktu sekitar 2 jam untuk mengosongkannya lagi. Selama itu pula perut kamu akan terasa penuh dan menjadi tidak nyaman.



Simak Video "Kunci Puasa Lancar, Ahli Gizi: Penting Makan Sahur"
[Gambas:Video 20detik]
(ryh/up)