Senin, 12 Apr 2021 17:26 WIB

10 Pilihan Menu Sahur Pertama, Awet Kenyang Nggak Bikin Cepat Lapar Lagi

Vidya Pinandhita - detikHealth
Ramadhan Makin Dekat, Berikut Hal yang Harus Disiapkan untuk Sahur Ilustrasi menu sahur pertama (Foto: Getty Images/iStockphoto/JodiJacobson)
Jakarta -

Menu sahur pertama harus benar-benar diperhitungkan. Pastikan tidak bikin cepat lapar lagi, dan mencukupi berbagai kebutuhan nutrisi.

Dokter spesialis gizi klinik dr Tirta Prawita Sari, M.Sc, SpGK dari RS Pondok Indah menjelaskan, pilihan menu sahur yang tepat memampukan seseorang tetap beraktivitas secara optimal sembari berpuasa.

"Tidak perlu terlalu banyak mengonsumsi menu sahur. 30-40 persen dari kebutuhan energi harian sudah cukup," ujarnya dalam rilis yang diterima detikcom, Senin (12/4/2021).

Lalu, menu sahur apa saja sih yang efektif jaga stamina dan bikin tahan lapar seharian?

1. Nasi merah

Tak semua orang terbiasa mengonsumsi nasi merah sebagai sumber karbohidrat. Namun jika ingin mencoba menu sahur baru agar rasa kenyang lebih tahan lama, nasi merah amat boleh dicoba.

Pasalnya, nasi merah mengandung serat dan indeks glikemik rendah sehingga penyerapan gizi berlangsung perlahan, rasa kenyang pun bertahan lebih lama.

2. Telur

Telur kaya akan protein sehingga waktu butuh waktu lama untuk mencerna. Walhasil, rasa kenyang bertahan lebih lama. Agar variatif, telur bisa dibuat sunny side up, orak-arik, atau direbus untuk jadi campuran salad sayur.

3. Oatmeal

Kandungan karbohidrat kompleks dan protein pada oatmeal tentu bisa membuat kenyang setelah sahur bertahan lama. Oatmeal bisa dicampurkan buah seperti pisang atau stroberi.

4. Pisang dan apel

Kandungan serat dan vitamin pada pisang dan apel dipercaya efektif membuat stamina terjaga dan kenyang bertahan lebih lama. Selain itu, semangka dan melon amat boleh jadi pilihan.

5. Alpukat

Tak hanya cocok diolah sebagai menu berbuka puasa, alpukat rupanya tepat dijadikan pilihan menu sahur. Pasalnya, kandungan serat dan lemak baik bisa menimbulkan rasa kenyang yang tahan lama.

6. Sayuran hijau

Selain kaya akan serat, frekuensi mengunyah yang tinggi saat makan sayuran hijau bisa memberikan kesan kenyang. Selain itu, sayuran hijau pula mengandung antioksidan tinggi yang baik untuk tubuh.

7. Ikan

Tentu khasiat ikan tak asing lagi. Begitu pula untuk menahan rasa lapar dan menjaga stamina, ikan boleh jadi pilihan menu sahur. Jika ingin masakkan yang super sehat, ikan bisa diolah dengan cara disup, dikukus, atau dipepes.

8. Kurma

Tak hanya baik untuk berbuka puasa, kurma juga rupanya kaya akan manfaat jika dijadikan menu sahur. Dengan mengonsumsi 2-3 butir kurma saat sahur, kadar gula untuk beraktivitas seharian idealnya tercukupi.

9. Kacang-kacangan

Selain bikin kenyang tahan lama, kacang-kacangan seperti kedelai, kacang tanah, kacang hijau, dan kacang panjang kaya akan serat sehingga bisa melancarkan pencernaan.

10. Yogurt

Selain melancarkan pencernaan, alpukat cocok jadi jadi menu sahur karena kandungan probiotik dan protein efektif menimbulkan rasa kenyang yang tahan lama.



Simak Video "Kunci Puasa Lancar, Ahli Gizi: Penting Makan Sahur"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/up)