Selasa, 07 Mei 2019 02:28 WIB

6 Tips Memilih Jenis Menu Sahur Sehat dan Yang Harus Dihindari

Fithria Pratiwi - detikHealth
6 Tips Memilih Jenis Menu Sahur Sehat dan Yang Harus Dihindari/Foto: iStock 6 Tips Memilih Jenis Menu Sahur Sehat dan Yang Harus Dihindari/Foto: iStock
Jakarta - Kamu lagi memilih jenis menu sahur sehat? Simak tipsnya agar tubuh kita selalu fit dalam menjalani puasa selama sebulan.

Saat sahur, kamu harus memperhatikan kandungan gizi yang seimbang pada menu. Kamu juga harus menghindari beberapa jenis menu agar tetap semangat saat berpuasa.



Apa saja itu? Berikut penjelasannya.


1. Mengandung Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat sangat dibutuhkan sebagai sumber energi selama berpuasa. Tidak harus selalu nasi putih yang menjadi sumber karbohidrat, menu sahur sehat tanpa nasi bisa menjadi pilihan.

Karbohidrat kompleks membuat kamu merasa kenyang lebih lama sehingga membuat kamu tidak mudah lapar. Nasi merah, roti gandum, oatmeal, dan sereal merupakan opsi pilihan sumber karbohidrat kompleks yang bisa dicoba.

Kamu bisa mencoba salah satu sumber karbohidrat kompleks untuk menu sahur praktis selama sebulan berpuasa. Bisa juga menggunakan oatmeal sebagai menu sahur sehat untuk diet.

2. Mencukupi Asupan Protein

Protein dibutuhkan untuk cadangan energi selama berpuasa. Protein dapat memberikan energi secara konstan. Dengan campuran karbohidrat dan protein membuat hidangan sahur semakin sehat.

Ikan merupakan sumber protein tinggi yang bisa menjadi pilihan lauk untuk sahur. Selain ikan, sumber portein lainnya terdapat pada daging ayam, daging sapi, telur, dan kacang-kacangan.

3. Perbanyak Buah dan Sayur

Menu sahur sehat yang dibutuhkan selanjutnya yaitu buah dan sayur yang mengandung banyak serat. Kebutuhan energi selama puasa sangat terbantu dengan memperbanyak buah dan sayur. Kandungan serat ini juga dapat membantu mencegah sembelit.

Sayuran juga sangat bagus dijadikan menu sahur sehat untuk anak. Kamu bisa membuat sayur bayam yang memiliki rasa yang lebih ringan dari jenis sayuran lainnya sehingga lebih mudah diolah. Vitamin dan mineral dalam bayam juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh anak dan membuat puasanya lebih kuat.

4. Menghindari Makanan Pedas dan Bersantan

Sebaiknya menghindari makanan yang bersantan pada saat sahur. Santan sulit dicerna dengan sempurna yang membuat asam lambung naik. Dengan mengonsumsi makanan bersantan dapat menimbulkan penyakit mag.

5. Menghindari Mengonsumsi Gorengan

Menghindari makanan gorengan membantu untuk menghindari radang tenggorokan. Selama berpuasa cairan dalam tubuh kurang dan dapat membuat tenggorakan terasa kering. Dengan banyak mengonsumsi gorengan dapat mengiritasi lapisan mukosa tenggorokan. Selain itu minyak goreng mengandung lemak trans yang membahayakan kesehatan dan memicu kanker.

6. Menghindari Makanan Instan

Karena waktu sahur yang singkat, maka kamu memilih mengonsumsi makanan instan. Hal ini lebih baik dihindari karena makanan instan mengandung pengawet yang tidak sehat. Makanan instan juga membuat rasa kenyang sementara sehingga tidak baik digunakan untuk menu sarapan.

Pada saat sahur kamu harus mengumpulkan kalori sebagai asupan energi selama berpuasa seharian. Selain itu, pastikan tubuh tetap terhidrasi dengan mengonsumsi minimal 2 liter air setiap harinya.

Itulah tips jenis menu sahur sehat yang harus didapatkan dan dihindari untuk menjalani puasa lebih sehat. Tatap memperhatikan apa yang kamu makan, karena dalam sebulan tubuh harus tetap sehat agar bisa menjalani puasa dan beribadah lainnya.


(nwy/up)
News Feed