Rabu, 06 Mei 2020 04:21 WIB

4 Rekomendasi Menu Praktis Pengganjal Perut Saat Telat Bangun Sahur

Ayunda Septiani - detikHealth
Instant noodles are easy and convenient Buru-buru karena telat bangun sahur? (Foto: iStock)
Jakarta -

Telat sahur bisa dialami oleh siapa saja, entah karena terlalu lelah bekerja sebelumnya atau tidur terlalu larut. Namun, terlambat sahur bukan berarti cuma bisa minum air putih sebanyak-banyaknya.

Dirangkum dari berbagai sumber, ini dia beberapa menu praktis yang bisa dikonsumsi ketika bangun di tengah waktu imsak. Selain mengganjal perut, menu-menu ini bisa jadi sumber nutrisi yang baik lho buat tubuh. Selamat berpuasa!

1. Sereal

dr Inge Permadhi, SpGK, dari Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia - Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo menyebutkan sereal sebagai menu yang penyelamat ketika terlambat sahur. Sebab, sereal mengandung kandungan gizi yang lengkap untuk kebutuhan beraktivitas sehari-hari.

"Menu sereal paling tepat. Karena selain mengandung karbohidrat kompleks, ada protein dan seratnya juga. Ditambah dengan minum susu, agar tak cepat merasa lapar," tutur dr Inge beberapa waktu lalu.

2. Susu

Pakar kesehatan dan nutrisi, Mochamad Aldis Ruslialdi SKM CNWC mengatakan seseorang sedikitnya harus mengkonsumsi susu ketika tak sempat sahur dengan menu makanan yang lengkap. Sebaiknya juga, pilih susu yang rendah lemak dan tinggi protein supaya bisa menutup kekurangan gizi dari sahur dengan hanya segelas susu.

"Kalau mau minum susu tambahkan juga buah dan sayur. Sebab susu kan enggak bisa disimpen lebih lama di perut," tambah Aldis kepada detikHealth beberapa waktu lalu.

Selanjutnya
Halaman
1 2