Minggu, 18 Apr 2021 18:00 WIB

Bawa 2 Lansia 'Gratis' 1 Vaksin Corona Berlaku untuk Pelayanan Publik-Umum

Ayunda Septiani - detikHealth
MUI keluarkan fatwa vaksinasi COVID-19 tak batalkan puasa. Oleh karena itu vaksinasi COVID-19 di bulan Ramadhan tetap gencar dilakukan di Ibu Kota. Foto ilustrasi. (Foto ilustrasi: Ari Saputra)
Jakarta -

Juru bicara vaksinasi Kementerian Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, dr Siti Nadia Tarmizi mengungkap strategi percepatan vaksinasi selama bulan Ramadhan. Salah satunya, pendamping lansia bisa ikut divaksinasi jika membawa dua lansia.

Disebutkan, pemerintah akan memprioritaskan vaksinasi COVID-19 di kota-kota tujuan mudik yang memiliki banyak penduduk lansia.

"Memprioritaskan vaksinasi lansia di semua tempat, terutama karena di daerah-daerah tujuan mudik. Kita tahu ada larangan mudik, tapi kita tahu sudah banyak yang berangkat mulai saat ini, tentunya karena lansia kelompok paling rentan ini yang harus kita berikan perlindungan lebih" jelas dr Nadia, dalam Webinar PB IDI, Minggu (18/4/2021).

Berikut upaya percepatan vaksinasi yang dilakukan Kemenkes selama bulan Ramadhan.

1. Mengalokasikan vaksin dan memprioritaskan vaksinasi lansia di semua tempat, terutama di daerah tujuan mudik menjelang periode libur Idul Fitri.

2. Melayani seluruh lansia di mana pun tanpa dibatasi alamat KTP maupun domisili lansia

3. Mengendalikan laju vaksinasi petugas publik, mengingat hampir di semua daerah laju vaksinasi petugas publik jauh lebih tinggi dari lansia

4. Mengingat keterbatasan suplai vaksin, prioritas vaksinasi diberikan kepada kelompok yang risiko fasilitasnya paling tinggi yaitu lansia. Hal ini penting untuk menekan angka hospitalisasi dan mencegah kematian

5. Strategi mobilitas lansia dapat dilakukan melalui kerja sama dengan komunitas, organisasi lokal, dan pihak swasta untuk mendaftarkan serta mengatur transportasi antar jemput lansia ke tempat pelayanan vaksinasi

6. Mempercepat program vaksinasi lansia dengan mekanisme 1:2. Apa itu?

  • 1 orang non lansia dapat divaksin jika membawa lebih dari 2 orang lansia untuk divaksinasi.
  • Termasuk bagi petugas publik dan masyarakat umum.


Simak Video "Vaksinasi COVID-19 Saat Berpuasa, Perlukah Persiapan Khusus?"
[Gambas:Video 20detik]
(ayd/up)