Minggu, 18 Apr 2021 17:17 WIB

Punya Sakit Maag? 5 Menu Berbuka Ini Sebaiknya Dihindari

Ardela Nabila - detikHealth
asian muslim people praying before having their food in dining room together for break fasting Foto ilustrasi. (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta -

Berpuasa selama 30 hari di bulan Ramadhan menjadi tantangan tersendiri bagi orang-orang yang mengidap maag. Pasalnya, perut yang kosong bisa menyebabkan timbulnya komplikasi yang tidak diinginkan lantaran meningkatnya asam lambung.

Meski terdapat keringanan untuk tidak berpuasa bagi orang-orang yang memiliki penyakit, kebanyakan Muslim tentunya tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan untuk berpuasa di bulan Ramadhan.

Oleh sebab itu, penting bagi para pengidap maag untuk lebih memperhatikan apa yang mereka konsumsi selama bulan Ramadhan, terutama saat berbuka puasa. Dikutip dari berbagai sumber, berikut 5 jenis menu makanan yang harus dihindari oleh pengidap maag.

1. Makanan berlemak

Berbuka puasa dengan makanan berlemak harus dihindari oleh para pengidap maag. Sebab, makanan yang mengandung lemak membutuhkan lebih banyak waktu untuk dicerna oleh lambung. Hal ini dapat menyebabkan kembung dan sakit perut, khususnya bagi pengidap maag.

2. Makanan pedas

Seperti diketahui, makanan pedas memang sering kali disebut-sebut sebagai penyebab utama terjadinya maag. Bagi beberapa orang pengidap maag, makanan pedas memang kerap membuat gejala maag menjadi semakin buruk, apalagi jika dikonsumsi saat perut kosong seperti saat berbuka.

3. Makanan asam

Beberapa makanan, memang mengandung asam secara alami, seperti tomat, jeruk, dan lemon. Meski sehat dan saat berbuka dianjurkan untuk mengonsumsi buah-buahan, pengidap maag sebaiknya menghindari konsumsi buah-buahan dan makanan lainnya yang mengandung asam.

4. Sayur mentah

Meski sayur-sayuran mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh, pengidap maag harus menghindari mengonsumsi sayuran mentah saat berbuka puasa. Pasalnya, sayuran mentah mengandung banyak serat yang sulit dicerna dan dapat meningkatkan produksi gas, sehingga menyebabkan perut terasa kembung dan tidak nyaman bagi pengidap maag.

5. Produk susu

Susu tidak direkomendasikan karena dapat membuat lambung memproduksi lebih banyak asam. Dengan demikian, pengidap maag harus menghindari minum susu dan produk susu lainnya sebagai menu berbuka puasa. Selain itu, produk susu juga sulit untuk dicerna dan bisa meningkatkan produksi gas. Akibatnya, perut akan terasa kembung dan bisa menyebabkan mual.



Simak Video "Kupas Mitos Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)