ADVERTISEMENT

Senin, 19 Apr 2021 18:00 WIB

Kapan Waktu yang Tepat Minum Vitamin di Bulan Puasa, Saat Berbuka atau Sahur?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
man hand holding his nutritional supplemets, healthy lifestyle background. Foto: iStock
Jakarta -

Selama bulan Ramadhan, kesehatan harus tetap dijaga. Tak hanya dengan makanan yang sehat dan bergizi, tetapi juga dengan mengkonsumsi vitamin setiap hari.

"Tetap dianjurkan sumbernya (vitamin) adalah dari makanan yang dikonsumsi. Tapi, kalau susah, bisa salah satu dibantu suplemen," kata ahli gizi dari Universitas Indonesia Mochamad Aldis Ruslialdi, dikutip dari Antara, Senin (19/4/2021).

Menurut Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), Inggrid Tania, vitamin sangat dibutuhkan untuk meningkatkan imunitas tubuh. Suplemen atau vitamin yang dibutuhkan terdiri dari vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin D3, mineral Zinc, dan herbal imunomodulator.

Inggrid mengatakan, suplemen ini bisa dikonsumsi karena jarang menimbulkan efek samping. Ini karena terbuat dari bahan-bahan alami.

Tapi, kapan waktu yang tepat untuk mengkonsumsi vitamin di bulan puasa?

Baik Aldis maupun Inggrid, keduanya menyarankan agar tetap mengkonsumsi suplemen vitamin saat sahur dan berbuka puasa. Ini karena penyerapan beberapa mikronutrien akan lebih optimal jika didampingi dengan nutrisi lainnya.

"Misal vitamin A,D,E, dan K yang optimal diserap saat kita konsumsi cukup lemak sehat. Atau zat besi yang akan lebih optimal diserap saat kita mengkonsumsi vitamin C," jelas Aldis.

Untuk itu, Inggrid memberikan rekomendasi waktu yang tepat untuk mengkonsumsi vitamin atau suplemen selama bulan puasa, yaitu:

  • Konsumsi vitamin D2 setelah berbuka puasa.
  • Suplemen herbal imunomodulator sebelum makan sahur.
  • Suplemen vitamin B kompleks, vitamin C, dan zinc setelah makan sahur.


Simak Video "Cara Buka Puasa yang Baik Agar Perut Tak Kaget"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT