Selasa, 20 Apr 2021 03:04 WIB

5 Tips Biar Nggak Bablas Tidur Setelah Sahur

Ardela Nabila - detikHealth
ilustrasi tidur Foto: ilustrasi/Thinkstock
Jakarta -

Perubahan siklus tidur selama bulan Ramadhan memang tak bisa dihindari. Sebab, orang-orang yang berpuasa diharuskan bangun lebih awal untuk makan sahur.

Saat perut sudah terisi dan mata masih terasa mengantuk, kebanyakan orang memang sering kali memilih untuk melanjutkan tidur usai makan sahur sebelum memulai aktivitas sehari-hari.

Padahal, kebiasaan tidur setelah sahur bisa memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Tidur setelah sahur dapat menyebabkan naiknya asam lambung ke kerongkongan yang mengakibatkan masalah pada saluran cerna atas.

Dengan demikian, memang sebaiknya tidak tidur usai makan sahur. Agar tak tergoda dengan rasa kantuk berat, berikut 5 tips agar kamu tidak bablas lanjut tidur setelah sahur.

1. Mandi atau berwudhu dengan air dingin

Rasa malas yang biasa dirasakan saat kamu mengantuk bisa diatasi dengan mandi air dingin, lho. Namun, apabila tidak memungkinkan, kamu bisa berwudhu dengan air dingin. Sebab, air dingin dilaporkan dapat memberikan sinyal pada tubuh untuk segera beraktivitas.

2. Minum jahe

Saat sahur, kamu tidak dianjurkan untuk mengonsumsi kopi. Sebab, kopi dapat bersifat diuretik dan dapat membuat tubuh lebih banyak kehilangan cairan. Sebagai gantinya, kamu bisa mengonsumsi minuman jahe. Selain lebih sehat daripada kopi, jahe dapat menjaga tingkat keasaman lambung yang membuat kamu menjadi tidak mudah haus saat berpuasa.

3. Olahraga pagi

Tak perlu melakukan olahraga berat, kamu bisa berolahraga ringan seperti berjalan kaki di sekitar lingkungan rumah. Selain sehat, berjalan kaki di pagi hari dapat membuat kamu bersemangat sepanjang hari.

Hal ini dikarenakan saat berjalan kaki, sistem tubuh menjadi aktif, denyut nadi meningkat, pernapasan lancar, serta tingkat kesadaran meningkat. Berjalan kaki juga dapat membantu suplai oksigen menjadi lancar, sehingga otak dapat bekerja dengan lebih baik.

4. Minum air putih

Selain penting untuk menjaga cairan dalam tubuh selama berpuasa, minum air putih saat sahur juga bisa membuat kamu menjadi lebih terjaga. Sebab, air putih dapat membantu mengalirkan oksigen pada otak yang membuat kamu menjadi lebih segar dan tidak mudah menguap. Segelas air juga terbukti dapat meningkatkan metabolisme tubuh agar kamu lebih cepat bangun.

5. Tidur lebih awal

Rasa kantuk yang sering kali muncul saat sahur juga bisa saja disebabkan oleh kurang tidur. Oleh sebab itu, kamu bisa mencoba untuk mempercepat jam tidur selama bulan Ramadhan. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan kegiatan yang biasa dilakukan di malam hari, seperti ke gym, makan malam, atau menonton TV.



Simak Video "Kunci Puasa Lancar, Ahli Gizi: Penting Makan Sahur"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)