Selasa, 20 Apr 2021 07:00 WIB

Sering Mengantuk? Ini yang Terjadi pada Tubuh saat Berpuasa

Yuviniar Ekawati - detikHealth
asian girl in library Mengantuk (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Umat islam di seluruh dunia sedang melakukan ibadah puasa Ramadhan. Bagi yang menjalankannya, puasa tak hanya berpengaruh kepada sisi spiritual umat muslim tetapi juga pada tubuhnya.

Apa sih yang terjadi pada tubuh orang yang menjalankan puasa? Berikut ini penjelasannya.

1. Cadangan kalori

Saat berpuasa lebih dari 12 jam, seseorang tidak mengonsumsi apapun baik makanan dan minuman. Saat tidak ada yang dikonsumsi dalam waktu yang lama, tubuh akan menggunakan cadangan karbohidrat yang disimpan di hati dan otot.

Selain cadangan karbohidrat, tubuh juga akan menggunakan cadangan lemak sebagai sumber energi setelah semua kalori dari makanan yang dikonsumsi pada malam hari habis.

2. Menyimpan air

Pada saat menjalankan puasa, tubuh tidak mendapat asupan cairan meski air yang keluar tetap akan ada, baik melalui urine maupun keringat. Karenanya, ginjal akan berusaha menghemat cairan dengan tidak terlalu sering buang air kecil.

Meski begitu, keluarnya cairan dalam tubuh bergantung pada banyak faktor seperti aktivitas orang tersebut sepanjang hari, lamanya berpuasa, dan cuaca.

3. Dehidrasi ringan

Faktor-faktor seperti aktivitas, durasi berpuasa, dan cuaca dapat menentukan tingkat dehidrasi seseorang saat berpuasa. Kebanyakan orang akan mengalami dehidrasi ringan saat berpuasa Ramadhan.

Dehidrasi ringan dapat menyebabkan seseorang mengalami sakit kepala, kesulitan konsentrasi, dan kelelahan. Meski begitu, penelitian mengungkapkan dehidrasi ringan tidak berbahaya bagi tubuh selama tubuh mendapatkan cukup cairan setelah berpuasa.

4. Mengantuk

Bagi beberapa orang mengonsumsi minuman berkafein seperti kopi dan teh merupakan kebiasaan. Tidak adanya asupan kafein, bagi yang terbiasa ngopi di pagi dan siang hari, akan menyebabkan tubuh mengalami sakit kepala dan rasa lelah.

Namun, kondisi tersebut akan mereda seiring dengan tubuh menyesuaikan diri atau beradaptasi dengan kondisi tubuh yang tanpa asupan kafein di siang hari.

Meski begitu, kondisi di atas merupakan hal yang normal dan aman pada banyak orang. Tips untuk melaksanakan puasa yang sehat adalah dengan memberikan nutrisi pada tubuh saat berbuka.



Simak Video "Ngajarin Anak Puasa Lebih Mudah Daripada Ngajarin Matematika"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)