Selasa, 20 Apr 2021 09:30 WIB

Anak Nia Ramadhani Positif COVID-19, Bedakah Gejala Corona pada Anak?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Nia Ramadhani Anak kedua Nia Ramadhani positif COVID-19. (Foto: Dok. Instagram/ramadhaniabakrie)
Jakarta -

Anak kedua dari Nia Ramadhani, Mainaka, positif COVID-19. Hal ini diketahui Nia setelah hasil swab PCR milik Mainaka keluar.

"Mainaka (terpapar COVID-19)," kata asisten Nia Ramadhani Theresa Wienathan melalui pesan singkat.

Saat seseorang terinfeksi virus Corona, beragam gejala bisa muncul. Mulai dari yang tidak bergejala (OTG), gejala ringan, hingga berat.

Namun, studi REACT yang dilakukan Imperial College London mengungkapkan bahwa ada perbedaan gejala COVID-19 yang terjadi seiring dengan bertambahnya usia. Selain itu, gejala COVID-19 pada anak cenderung lebih ringan daripada yang dewasa, yang terdiri dari kelelahan, sakit kepala, dan demam.

Menurut CDC (Centers for Disease Control and Prevention), ada beberapa gejala awal COVID-19 yang serupa antara pasien anak-anak dan dewasa. Gejalanya seperti pilek, radang tenggorokan, alergi, atau kedinginan.

Dikutip The Financial Express, gejala COVID-19 kedinginan hampir dialami oleh setiap usia. Sementara pada usia 5-17 tahun, mereka lebih sering mengeluhkan sakit kepala.

Selain itu, kehilangan nafsu makan banyak dilaporkan terjadi pada kelompok usia 18-55 tahun. Nyeri otot juga banyak terjadi pada orang yang berusia antara 18-55 tahun.

Tetapi, pada anak usia 5-17 tahun yang terinfeksi lebih kecil kemungkinannya mengalami demam, batuk terus-menerus, dan kehilangan nafsu makan, jika dibandingkan dengan orang dewasa.



Simak Video "Dampak Virus Corona, Ari Lasso Alami Infeksi Paru"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)