Selasa, 20 Apr 2021 13:30 WIB

Cara Download Sertifikat Vaksin COVID-19 Online Buat yang Masih Bingung

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Vaksinasi massal untuk pelaku UMKM digelar di Ciputra Artpreneur Museum, Jakarta, Kamis (1/4/2021). Sebanyak 1.500 pelaku UMKM menerima vaksin COVID-19 dosis pertama. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Bagi yang sudah divaksinasi COVID-19, sertifikat vaksin Corona bisa diunduh dalam aplikasi PeduliLindungi. Cara download sertifikat vaksin COVID-19 cukup mudah, pastikan kamu sudah memiliki aplikasi PeduliLindungi terlebih dahulu di Appstore/Playstore.

Bila belum terdaftar, kamu diminta melengkapi data diri seperti nama lengkap hingga nomor handphone untuk verifikasi data, dengan kode OTP yang dikirimkan.

Namun, bagi mereka yang sudah memiliki akun PeduliLindungi, cara download sertifikat vaksin COVID-19 cukup dengan membuka profil, dan klik feature sertifikat vaksin.

Dalam feature tersebut, tertera sertifikat vaksin Corona dosis pertama hingga dosis kedua yang siap diunduh unttuk kemudian masuk ke gallery/image masing-masing pengguna. Selengkapnya, berikut cara download sertifikat vaksin COVID-19 bagi yang belum terdaftar.

1. Membuka aplikasi PeduliLindungi di Play Store atau App Store
2. Mengisi identitas diri berupa nama lengkap dan memasukkan nomor handphone
3. Mengisi kode OTP untuk verifikasi data, kode OTP dikirimkan ke nomor HP yang dicantumkan
4. Pengguna akun diarahkan ke kolom Beranda
5. Melengkapi identitas diri dengan menyertakan alamat NIK dan alamat email dalam kolom profil
6. Cek feature sertifikat vaksin
7. Aplikasi akan menampilkan sertifikat vaksin dosis pertama dan dosis kedua
8. Unduh sertifikat vaksin COVID-19 dosis pertama/kedua
9. Sertifikat vaksin COVID-19 online masuk ke dalam gallery/image masing-masing pengguna.

Sertifikat vaksin COVID-19 sempat diisukan menjadi syarat bepergian setiap orang. Namun, pemerintah menegaskan hingga saat ini belum ada kebijakan tersebut.

Meski kamu sudah menyimak cara download sertifikat vaksin COVID-19 dan berhasil mengunduhnya, tetap waspada untuk tidak sembarang mengumbar sertifikat vaksin COVID-19 di media sosial.

Juru bicara vaksinasi COVID-19 Satgas Prof Wiku Adisasmito menjelaskan, ada data pribadi di sertifikat vaksin COVID-19 dalam bentuk QR Code.

"Meminta kepada para penerima vaksin COVID-19 yang sudah mendapatkan sertifikat bukti telah divaksin agar tidak mengunggahnya ke media sosial ataupun tidak mengedarkannya," jelas Wiku dalam konferensi pers, Selasa (23/3/2021).

"Penting untuk diketahui bahwa di dalam sertifikat bukti telah divaksinasi terdapat data pribadi dalam bentuk QR Code yang dapat dipindai," lanjutnya.





Simak Video "Apakah Tubuh Jadi Kebal COVID-19 Setelah Divaksin? "
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)