Kamis, 22 Apr 2021 08:45 WIB

Viral Eyelash Extension Disebut Bikin Pembuluh Darah Mata Pecah Saat Tidur

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Miss Indonesia Jateng 2018 Foto: Tangkapan Layar Tik Tok
Jakarta -

Helaian eyelash extension yang dipakai seorang wanita masuk ke mata saat dirinya tidur. Kisah ini mendadak viral di media sosial TikTok hingga banyak netizen bertanya mengapa itu bisa terjadi.

Adalah Nadya Astrella Juliana, finalis Miss Indonesia Idol 2018 asal Jawa Tengah. Ia sempat panik dan mengira helaian eyelash extension yang tertinggal di matanya membuat bagian kornea terluka hingga ada risiko kebutaan.

Untungnya, kondisi tersebut tak berakhir fatal. Namun, pembuluh darah di area mata Nadya pecah hingga perlu diobati.

"Jadi subuh-subuh saya bangun, ada yang mengganjal di mata. Lalu saat saya mengaca, ada helaian masuk dan helaian-nya cukup tebal," cerita wanita bernama lentgkap Nadya Astrella Juliana kepada detikcom Rabu (21/4/2021).

"Jujur aku udah ketagihan banget sama yang namanya eyelash extension, sampe beberapa tragedi terjadi ke mata aku seperti pembuluh darah pecah," tutur Nadya dalam video TikTok viralnya @nadyastrella.

Eyelash extension memang kerap dipakai sebagian wanita untuk mengganti pemakaian bulu mata palsu, dan dinilai praktis. Namun, Nadya menyebut belum banyak wanita yang memperhatikan soal kehati-hatian dalam memakainya.

Influencer yang juga sehari-harinya memakai softlens karena matanya minus, mewanti-wanti agar mereka yang memakai eyelash extension mencari tempat pemakaian yang profesional. Pasalnya, banyak tempat pemasangan eyelash extension abal-abal yang diimingi harga murah.

Jika timbul iritasi, Nadya menyarankan segera melepas eyelash extension terlebih dulu agar mata bisa beristirahat.

Bagaimana jika mengalami kasus serupa seperti Nadya?

@nadyastrella

Akibat bertahun-tahun ketagihan pake Eyelash Extension‼️😬🤭 #storytime #horror #diy #musicbox #eyelashextension #ketagihan #remove #satisfying

♬ Music Box - Nicolas Nadar

"Langsung pergi ke apotek untuk penanganan pertama, nanti diarahkan untuk beli obat tetes mata tertentu," katanya.

Di sisi lain, ia juga mengingatkan agar memastikan kondisi mata tetap bersih. Jangan sampai debu hingga kotoran tersisa di mata karena bisa menimbulkan permasalahan lainnya.

"Harus sering cuci tangan, harus eyelash extension ke tempat yang profesional jangan yang abal-abal karena tergiur harga murah, hati-hati saat pakai softlens, dan jangan panik kalau eyelash extension masuk mata," tuturnya.

"Kalau mata iritasi harus cepat lepas softlens dan eyelash extension nya dulu dan istirahat selama 3-5 hari. Inti nya jangan panik, ngga akan sampai buta kok asal kita hati-hati," pungkasnya.



Simak Video "Fakta Soal Mata Bengkak Gara-gara Sering Main Handphone"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/fds)