Jumat, 23 Apr 2021 16:00 WIB

5 Kebiasaan Tak Sehat yang Harus Dihindari saat Berbuka Puasa

Ardela Nabila - detikHealth
ramadan food and praying woman Hati-hati, hindari 5 kebiasaan tak sehat ini saat berbuka puasa. (Foto: iStock)
Jakarta -

Selama bulan Ramadhan, berbuka puasa menjadi salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu setiap harinya. Selain bisa menyantap berbagai variasi makanan yang tersedia, berbuka puasa juga menjadi momen berkumpul keluarga.

Mengonsumsi makanan dan minuman bernutrisi tepat saat berpuasa tentunya sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh selama berpuasa. Hanya saja, rasa lapar yang telah ditahan sepanjang hari kerap membuat kebiasaan tak sehat saat berbuka puasa.

Jika dilakukan berulang, kebiasaan tidak sehat tersebut justru bisa berdampak pada kesehatan tubuh dan membuat ibadah puasa menjadi tidak lancar. Dikutip detikcom dari berbagai sumber, berikut 5 kesalahan saat berbuka yang harus dihindari.

1. Terlalu banyak konsumsi makanan manis

Saat berbuka, umat Muslim memang dianjurkan untuk mengonsumsi makanan atau minuman manis guna mengembalikan energi dalam tubuh yang hilang selama berpuasa. Namun, kebanyakan orang sering kali mengonsumsi terlalu banyak makanan manis. Akibatnya, hal ini bisa meningkatkan risiko naiknya berat badan dan diabetes.

2. Terlalu banyak makan takjil

Takjil memang merupakan menu wajib saat berbuka puasa. Sayangnya, kebanyakan takjil yang disediakan di meja makan merupakan makanan yang tidak sehat, seperti gorengan, kolak, maupun es buah.

Jika dikonsumsi secara berlebihan, sejumlah makanan ini bisa menyebabkan obesitas, lho. Pasalnya, gorengan, kolak, dan es buah mengandung lemak jenuh dan kalori tinggi yang tidak baik bagi tubuh.

3. Lupa minum air putih

Kebanyakan orang, sering kali melewatkan air putih saat berbuka. Mereka kerap merasa telah cukup terhidrasi dengan minuman manis, seperti es teh manis. Meski es teh manis memang menggiurkan untuk melepas dahaga, kebiasaan ini sebenarnya tidak sehat, lho.

Sebaiknya, sebelum memutuskan untuk minum es teh, kamu terlebih dahulu minum air putih untuk memenuhi cairan yang hilang setelah seharian berpuasa. Sebab, air putih merupakan sumber utama cairan untuk menghidrasi tubuh.

4. Makan terburu-buru

Perut yang terasa lapar selama beraktivitas sepanjang hari sambil berpuasa sering kali membuat banyak orang menjadi makan terburu-buru. Padahal kebiasaan ini berdampak buruk bagi kesehatan, yakni bisa meningkatkan risiko obesitas, diabetes, sindrom metabolik, gastritis, dan tersedak.

5. Kalap atau makan berlebihan

Selain makan terburu-buru, kalap saat berbuka puasa juga merupakan kebiasaan tidak sehat yang paling sering dilakukan saat berbuka. Apalagi, dengan banyaknya variasi menu berbuka yang nikmat dan sayang untuk dilewatkan.

Namun, makan berlebihan saat berbuka bisa menyebabkan timbulnya berbagai masalah. Beberapa di antaranya adalah kalori yang masuk ke dalam tubuh menjadi lebih banyak, serta meningkatkan risiko obesitas.



Simak Video "Kupas Mitos Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)