Sabtu, 24 Apr 2021 06:25 WIB

China Tawarkan Bantuan untuk India yang Dilanda 'Tsunami' COVID-19

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Virus Corona terus mengganas di India. Spiderman pun turun tangan dengan melakukan penyemprotan disinfektan. Tsunami COVID-19 di India. (Foto: AP Photo)
Jakarta -

China baru-baru ini menyatakan bersedia memberikan bantuan dan dukungan yang diperlukan India dalam menghadapi lonjakan kasus besar-besaran COVID-19. Tsunami COVID-19 yang terjadi di India diketahui sangat membebani infrastruktur medis negara tersebut.

Dilaporkan fasilitas kesehatan di berbagai negara bagian India hampir kehabisan pasokan medis penting termasuk oksigen. Menurut laporan media yang dikelola pemerintah, Beijing mengatakan komunikasi sedang berlangsung dengan India jika mereka membutuhkan dukungan dan bantuan.

"Pemerintah China dan rakyat akan dengan tegas mendukung #India dalam memerangi pandemi #COVID19 dan bersedia memberikan dukungan dan bantuan sesuai dengan kebutuhan pihak India," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China Lijian Zhao dikutip dari Global Times.

Namun, belum diketahui secara pasti apakah China secara resmi mengulurkan tangan untuk membantu memerangi pandemi COVID-19. China telah membantu India pada April tahun lalu dengan pasokan medis terkait COVID-19.

Tahun lalu, India telah bergabung dengan daftar negara yang membantu Beijing dengan memberikan bantuan selama wabah COVID-19 terparah di negara itu, mengirimkan 15 ton pasokan medis terdiri dari masker, sarung tangan, dan peralatan medis darurat.

Pada Februari 2020, Perdana Menteri Narendra Modi telah menghubungi Presiden Xi Jinping untuk menawarkan bantuan India untuk mengalahkan wabah COVID-19.



Simak Video "Gerak PBB Bantu India Hadapi Tsunami COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)