Senin, 26 Apr 2021 04:17 WIB

Catat! 3 Cara Biar Diet Tetap Efektif Turunkan BB Selama Puasa

Vidya Pinandhita - detikHealth
Food Foto: Getty Images/iStockphoto/byryo
Jakarta -

Tak sedikit orang yang menjadikan momen puasa sebagai ajang diet. Banyak yang berpikir asupan makan yang sedikit selama berpuasa efektif menurunkan berat badan.

Ahli gizi Mochammad Rizal atau yang akrab dikenal dengan akun Instagram @rizalnutritionist menjelaskan, puasa memang bisa jadi metode menurunkan berat badan. Sederhananya dengan berpuasa, jam makan menjadi lebih singkat. Walhasil, kalori yang masuk ke tubuh pun bisa berkurang atau lebih terkontrol.

"Sebenarnya dalam puasa atau nggak puasa, berat badan bisa tetap turun atau juga sebaliknya bisa naik. Di bulan Ramadhan, teman-teman mungkin nggak puasa tapi bisa turun berat badannya. Tapi sebagian orang seketika bisa naik," ujarnya pada detikcom lewat program e-life, Jumat (23/4/2021).

Lalu, apa saja tips agar puasa tak malah bikin BB naik, tapi justru efektif bikin BB turun?

1. Jangan kalap saat buka


Berbagai kudapan yang dijual menjelang waktu buka puasa jelas menggiurkan. Namun, kalap saat buka puasa tanpa disadari membuat seseorang terlalu banyak konsumsi makanan manis dan tinggi kalori.

Tak ada salahnya berbuka dengan yang manis untuk mencukupi kebutuhan gula. Namun pastikan, momen berbuka tak menjadi peluang asupan gula tak berlebih.

2. Tak selektif soal menu berbuka


Ngemil saat berbuka puasa tentu boleh-boleh saja. Akan tetapi, usahakan agar asupan camilan tetap berdampak baik bagi tubuh.

Salah satu camilan yang paling menggoda adalah gorengan. Di samping kelezatannya, camilan ini mengandung lemak jahat, semakin buruk jika digoreng dengan minyak yang sudah dipakai berkali-kali ala jajanan pinggir jalan.

3. Tetap berolahraga


Tak perlu takut, berolahraga sembari berpuasa rupanya aman-aman saja loh. Yang penting, olahraga disesuaikan kemampuan tubuh, dan dilakukan pada waktu yang tepat.

Tak hanya efektif membakar kalori, berolahraga saat puasa juga bisa mencegah tubuh mudah lemas.

"Teman-teman mungkin kenal dengan aktivitas fisik sebelum buka puasa. Ini salah satu yang direkomendasikan karena ketika berolahraga di jam itu, kita setelahnya kan segera mendapat asupan zat gizi sehingga bisa segera mengembalikan energi yang terbuang ketika berpuasa," terang Rizal.



Simak Video "Puasa Bikin Gemuk Atau Kurus?"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/naf)