Senin, 26 Apr 2021 14:05 WIB

Waspada Varian Penyebab Tsunami COVID-19 India, Menkes Awasi 3 Provinsi Ini

Firdaus Anwar - detikHealth
Coronavirus. COVID-19. 3D Render Foto: iStock
Jakarta -

Kondisi gelombang 'tsunami' COVID-19 di India yang memprihatinkan disebut-sebut salah satunya disebabkan oleh varian baru. Ada dua varian yang jadi perhatian yaitu B117 yang berasal dari Inggris dan B1617 yang merupakan varian lokal, keduanya dianggap bersifat lebih mudah menular.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengingatkan bahwa salah satu varian tersebut, B117, sudah terdeteksi di Indonesia pada awal Maret lalu. Seluruh pihak diimbau harus ekstra waspada agar jangan sampai kejadian seperti di India juga terjadi di Indonesia.

Hingga saat ini sudah ada 10 kasus varian B117 yang terdeteksi. Sebanyak 6 kasus merupakan kasus impor alias terjadi pada orang yang baru datang dari luar negeri, sementara empat lainnya diketahui merupakan penularan lokal.

"Nah ini yang perlu kita jaga. Dua di Sumatera, satu di Jawa Barat, dan satu di Kalimantan Selatan," kata Menkes Budi usai rapat terbatas dengan Presiden Jokowi.

"Jadi untuk provinsi-provinsi di Sumatera, Jawa Barat, dan Kalimantan kita akan lebih hati-hati selalu mengontrol. Apakah ada mutasi baru tersebut atau tidak," lanjutnya seperti dikutip dari kanal Youtube Sekretariat Presiden, Senin (26/4/2021).

Indonesia saat ini sudah membatasi pintu masuk warga negara asing (WNA) yang memiliki riwayat perjalanan dari India. Sementara untuk warga negara Indonesia (WNI) yang dari India, mereka diwajibkan karantina selama 14 hari terlebih dahulu.



Simak Video "Cerita Jurnalis India Menyaksikan Kekacauan Tsunami COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)