Sabtu, 24 Apr 2021 19:01 WIB

Berkaca dari India, Menkes Imbau Waspadai Tiga Varian Baru Corona Ini

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Menkes Budi Gunadi Sadikin Menkes RI imbau waspadai varian baru Corona. (Foto: detikcom)
Jakarta -

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan peningkatan kasus COVID-19 yang drastis di India diduga disebabkan beberapa faktor. Mulai dari longgarnya protokol kesehatan, adanya kegiatan yang menyebabkan kerumunan, hingga varian yang masuk kategori variant of concern dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Menkes Budi menyebutkan ada variant of concern tersebut, yaitu varian B117 di Inggris, B1351 di Afrika Selatan, dan P1 di Brasil.

"Mutasi virus ini sering dan banyak sekali. Tetapi, yang berbahaya ada tiga yaitu B117 di London (Inggris), B1351 di Afrika Selatan, dan P1 di Brasil," jelas Menkes Budi dalam konferensi pers, Jumat (23/4/2021).

"Ini yang benar-benar berbahaya dan menyebarnya sangat cepat sekali di seluruh dunia," lanjutnya.

Ketiga varian baru Corona ini memang direkomendasikan WHO agar mendapatkan perhatian yang serius dari negara-negara di dunia. Salah satu dari varian berbahaya tersebut sudah teridentifikasi masuk ke Indonesia sejak Januari lalu, yaitu B117.

Untuk itu, Menkes Budi meminta agar semua pihak selalu berhati-hati dalam mengamati laju penularan kasus. Selain itu, terus mematuhi protokol kesehatan serta mendukung jalannya program vaksinasi di Indonesia.

"Kita harus berhati-hati, mempercepat program vaksinasi, menjalankan protokol kesehatan untuk memastikan saat nanti variant of concern B117 makin besar porsinya, kita siap," tegasnya.



Simak Video "Varian Covid-19 Asal RI Masih Masuk 'Alert for Further Monitoring'"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/fds)