Selasa, 27 Apr 2021 16:00 WIB

4 Manfaat 'Si Kenyal' Cincau, Menu Buka Puasa yang Bisa Turunkan Berat Badan

Ardela Nabila - detikHealth
Asyiknya Jajan Es Cincau hingga Kue Ape di Pasar Mayestik Ilustrasi es cincau (Foto: Zahrah Zayyan Layalia/detikcom)
Jakarta -

Siapa yang tidak kenal dengan Si Kenyal yang satu ini? Di bulan Ramadhan, cincau menjadi salah satu menu favorit banyak orang untuk temani berbuka puasa. Di pasaran, terdapat dua jenis cincau yang tersedia, yaitu cincau hitam dan cincau hijau.

Umumnya, cincau disajikan sebagai salah satu isian dalam minuman es, seperti es cendol atau es campur. Selain memang menyegarkan untuk melepas dahaga usai seharian berpuasa, cincau ternyata bermanfaat bagi kesehatan, lho.

Dikutip dari Livestrong, berikut 4 manfaat cincau, Si Kenyal yang cocok dijadikan menu untuk temani berbuka puasa.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Cincau mengandung antioksidan tinggi yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu tubuh agar terhindar dari radikal bebas. Meski tubuh manusia bisa memproduksi antioksidannya sendiri, tubuh masih membutuhkan perlindungan ekstra untuk melindungi secara keseluruhan.

Dengan demikian, mengonsumsi cincau tak hanya bisa menghilangkan rasa haus, tetapi juga bisa melindungi tubuh.

Mencegah sakit pencernaan

Daun cincau masuk ke dalam jenis tanaman platostoma palustre yang merupakan anggota keluarga tanaman mint. Tanaman ini mengandung gula yang bisa melawan bakteri penyebab sakit perut serta bisa membantu mengoptimalkan fungsi pencernaan.

Selain itu, daun cincau juga mengandung komponen alkaloid yang terdiri dari vitamin A dan C. Kedua vitamin ini diketahui efektif untuk mencegah penyakit diare.

Mengontrol gula darah

Bagi para pengidap diabetes, hidangan cincau yang terlihat nikmat dan tersedia di meja makan kerap membuat maju-mundur untuk mengonsumsinya. Nah, tak perlu khawatir. Pasalnya, kandungan alkaloid dan klorofil dalam cincau justru bisa membantu mengontrol kadar gula, lho.

Para pengidap diabetes bisa aman mengonsumsi cincau saat berbuka puasa lantaran cincau tidak akan langsung menaikkan kadar gula darah dengan cepat.

Cincau juga bisa membantu menurunkan berat badan. Kok bisa? Cek halaman berikut.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Panduan Ibadah Tarawih dan Tadarus di Bulan Ramadhan"
[Gambas:Video 20detik]