Selasa, 27 Apr 2021 17:30 WIB

Tak Cuma Menyegarkan, 5 Menu Buka Puasa Ini Juga Bantu Cegah Kanker

Ardela Nabila - detikHealth
Traditional italian dessert vanilla strawberry panna cotta in a glass with fresh berries on a marble background. Foto: Getty Images/iStockphoto/yumehana
Jakarta -

Memilih jenis makanan yang akan dikonsumsi untuk berbuka puasa memiliki pengaruh terhadap kesehatan tubuh, lho. Setelah seharian berpuasa, tubuh membutuhkan nutrisi pengganti yang telah hilang selama beraktivitas sepanjang hari.

Terlalu banyak makan gorengan dan takjil yang mengandung tinggi gula saat berpuasa tak hanya tidak bisa menggantikan nutrisi hilang yang dibutuhkan oleh tubuh, tetapi justru bisa meningkatkan risiko terjadinya berbagai macam penyakit.

Sebagai gantinya, akan lebih baik jika kamu mengonsumsi asupan bernutrisi yang baik untuk tubuh saat berpuasa, seperti buah dan sayur. Sebab, buah dan sayur merupakan kunci seseorang terhindar dari penyakit jantung, diabetes, dan bahkan kanker.

Dirangkum detikcom dari berbagai sumber, berikut 5 asupan untuk berbuka puasa yang tak hanya menyehatkan, tetapi juga bisa mencegah terjadinya kanker.

1. Bayam

Kandungan antioksidan lutein yang terkandung dalam bayam dikenal dengan manfaatnya untuk mata. Namun, antioksidan tersebut ternyata juga memiliki peran penting untuk mencegah kanker, lho. Selain itu, bayam juga kaya akan lutein, zeaxanthin, dan karotenoid yang bisa menghilangkan molekul tak stabil yang disebut radikal bebas dari tubuh.

Penelitian menemukan bahwa bayam bisa mencegah terjadinya kanker mulut, kanker kerongkongan dan kanker perut. Kandungan karotenoid dalam bayam juga bisa mengurangi risiko kanker ovarium, kanker endometrium, kanker paru-paru, serta kanker kolorektal.

2. Ikan berlemak

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa memasukkan ikan berlemak ke dalam menu makanan setiap minggunya dapat mengurangi risiko kanker. Sebuah studi mengemukakan bahwa rutin mengonsumsi ikan bisa mengurangi risiko kanker saluran pencernaan.

Secara umum, ikan berlemak seperti salmon, makarel, dan ikan teri mengandung nutrisi penting, mulai dari vitamin D dan lemak omega 3 yang memang dikenal bisa mengurangi risiko kanker.

3. Apel

Apel mengandung polifenol yang berkhasiat sebagai anti-kanker. Polifenol merupakan senyawa dari tanaman yang bisa mencegah terjadinya peradangan, penyakit kardiovaskuler, dan infeksi. Sebuah studi tahun 2018 di Journal of Food and Drug Analysis menemukan bahwa apel bisa menghambat pertumbuhan sel kanker payudara.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Ngajarin Anak Puasa Lebih Mudah Daripada Ngajarin Matematika"
[Gambas:Video 20detik]