Rabu, 28 Apr 2021 07:07 WIB

Panduan Baru! CDC Bolehkan Copot Masker Setelah Vaksin, Tapi Ada Syaratnya

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Jakarta -

Presiden Amerika Serikat Biden mengumumkan kebijakan baru soal masker kepada warganya. Bagi mereka yang sudah mendapat dua dosis vaksin Corona, tak perlu lagi memakai masker di luar ruangan, terkecuali dalam pertemuan banyak orang.

"Sebuah langkah menuju kehidupan di Amerika mendekati normal," tutur Biden, menargetkan kondisi normal dan bebas dari COVID-19 bisa tercapai di 4 Juli mendatang.

"Mulai hari ini, berkumpul dengan sekelompok teman, di taman, pergi piknik selama Anda divaksinasi, dan di luar ruangan, Anda bisa melepas masker," lanjutnya.

Namun, Biden tetap memberikan catatan kalau masker masih diperlukan di luar ruangan saat menghadiri acara besar seperti konser atau olahraga. Pernyataan Biden ini mengikuti pedoman baru dari Pusat dan Pengendalian Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC).

Langkah Biden ini disebut sebagai bagian dalam kampanye vaksinasi, agar banyak usia dewasa yang ikut vaksinasi sebelum musim panas tiba. Namun, tak sedikit yang khawatir pedoman tersebut akan memicu sikap 'santai' para warga yang telah menjalani vaksinasi dan mengabaikan protokol kesehatan.

Sejauh ini, sekitar 42 persen orang Amerika telah menerima setidaknya satu dosis vaksin COVID-19, dan 29 persen telah menerima dosis kedua vaksin Corona.

Berikut beberapa contoh dari panduan baru CDC soal masker:

Bagi yang belum divaksinasi:

  • Setiap orang dapat melepas masker saat berjalan, berlari, hiking, atau bersepeda di luar ruangan, sendirian atau dengan anggota rumah yang sama.
  • Menghadiri pertemuan luar ruangan kecil dengan keluarga dan teman yang sudah mendapat vaksin Corona dosis kedua.

Bagi yang sudah divaksinasi:

  • Menghadiri pertemuan kecil di luar ruangan dengan orang-orang yang divaksinasi dosis kedua dan yang tidak divaksinasi.
  • Makan di luar ruangan di restoran dengan orang-orang dari beberapa rumah tangga. Untuk kegiatan semacam ini, orang yang tidak divaksinasi tetap harus memakai masker dan menjaga jarak sosial.

Wajib memakai masker saat..

  • Menghadiri acara outdoor yang ramai, seperti parade, acara olahraga, atau pertunjukan langsung.
  • Melakukan hampir semua hal di dalam ruangan yang melibatkan kontak dengan orang selain anggota keluarga. Contohnya termasuk makan di dalam ruangan di restoran; pergi ke bioskop, konser dalam ruangan atau pertunjukan teater; menghadiri kebaktian berkapasitas penuh; bepergian dengan penerbangan maskapai atau naik angkutan massal; bernyanyi dalam paduan suara di dalam ruangan; mengambil bagian dalam kelas olahraga dalam ruangan; mengunjungi pusat perbelanjaan atau museum; potong rambut atau manikur; atau menghadiri pertemuan sosial dalam ruangan.

Namun, di luar anjuran pedoman tersebut, CDC tetap menyarankan penggunaan masker bagi mereka yang tidak mengetahui status risiko COVID-19 di lingkungan sekitar.

"Orang-orang tidak mungkin mengetahui status vaksin orang-orang di sekitar mereka, dan belum jelas apakah orang yang divaksinasi penuh masih dapat menyebarkan virus tanpa menjadi sakit sendiri. Orang yang tidak divaksinasi juga harus menjaga jarak sosial," kata CDC.

(naf/up)