Rabu, 28 Apr 2021 17:02 WIB

Buka Puasa Langsung Minum Kopi? Begini Efeknya

Yuviniar Ekawati - detikHealth
Catat! 12 Orang dengan Kondisi Ini Sebaiknya Tidak Minum Kopi Ilustrasi minum kopi. (Foto: Getty Images/pitchwayz)
Jakarta -

Kopi merupakan minuman dengan kandungan kafein paling populer di dunia. Banyak faktor yang menyebabkan minuman dengan rasa kombinasi pahit, manis, dan asam ini digemari banyak orang.

Penelitian yang dilakukan Jennifer L. Temple dan rekan-rekannya pada 2017 bahkan menunjukkan bahwa kopi menempati peringkat kedua tertinggi yang paling banyak dikonsumsi setelah air putih di beberapa negara.

Kandungan kafein pada kopi, diketahui dapat membantu untuk mengurangi rasa lelah dan lebih waspada. Penelitian juga menunjukkan kafein dalam kopi dapat meningkatkan suasana hati, fungsi otak, dan kinerja olahraga Anda.

Kopi juga diketahui dapat meningkatkan penurunan berat badan dan melindungi dari penyakit seperti diabetes tipe 2, Alzheimer, dan penyakit jantung.

Banyak orang memilih meminum kopi di pagi hari dan siang hari. Namun pada saat menjalankan puasa, kopi hanya dapat diminum pada waktu tertentu saja.

Dengan waktu makan dan minum yang sangat singkat saat berpuasa Ramadhan, beberapa penggemar kopi pasti tak sabar untuk dapat menyeruput kopi saat berbuka puasa. Tetapi apakah aman minum kopi saat berbuka puasa terlebih saat perut sedang kosong?

Dikutip dari Healthline, penelitian menunjukkan bahwa kopi dapat merangsang asam lambung sehingga minum kopi saat perut kosong dapat mengiritasi perut, memperburuk gejala gangguan usus seperti sindrom iritasi usus besar atau irritable bowel syndrom (IBS).

Kopi yang diminum sesaat setelah waktu berbuka puasa dipercaya dapat menyebabkan mulas, maag, mual, naiknya asam lambung hingga munculnya gangguan pada pencernaan karena perut sedang dalam keadaan kosong.

Beberapa ahli menyarankan untuk tidak minum kopi saat perut kosong. Ini sangat berbahaya karena tidak ada makanan lain yang hadir untuk mencegah asam merusak lapisan perut.

Agar aman meminum kopi selama bulan puasa, Anda bisa memilih waktu yang tepat untuk mengonsumsinya. Jika hendak minum kopi saat berbuka, hindari meminumnya sesaat setelah adzan maghrib dikumandangkan tetapi isilah perut Anda terlebih dahulu dengan makanan yang cukup.



Simak Video "Kupas Mitos Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)