Selasa, 20 Apr 2021 15:20 WIB

5 Minuman yang Sebaiknya Dihindari Saat Buka Puasa dan Sahur

Ardela Nabila - detikHealth
7 Minuman Penyebab Kembung, Hindari Susu hingga Soda Foto: Getty Images/iStockphoto/franz12
Jakarta -

Selama bulan Ramadhan, memperhatikan asupan makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh sangat penting untuk dilakukan agar saat berpuasa tubuh tetap berenergi dan tidak lemas.

Kekurangan cairan saat berpuasa dapat membuat seseorang menjadi mudah lemas saat beraktivitas sepanjang hari sambil berpuasa. Apalagi, sebanyak 60-70 persen tubuh terdiri dari cairan.

Sehingga, kurang cairan saat berpuasa dapat betul-betul mempengaruhi sel dan saraf dalam tubuh untuk berfungsi dengan baik. Oleh sebab itu, saat atau setelah berbuka puasa tubuh membutuhkan minuman sehat untuk menghindari terjadinya dehidrasi saat berpuasa esok harinya.

Pasalnya, dehidrasi saat sedang berpuasa bisa menyebabkan efek samping yang mengganggu produktivitas sehari-hari. Beberapa di antaranya adalah sembelit, sakit kepala, pusing, dan kelelahan.

Oleh sebab itu, minuman terbaik yang bisa dikonsumsi saat berbuka puasa dan sahur adalah air putih. Air putih merupakan cairan terpenting yang bisa membuat kamu terhindar dari rasa haus selama berpuasa.

Hanya saja, kebanyakan orang justru kurang minum air putih saat berbuka lantaran lebih memilih berbagai minuman manis yang tersedia. Padahal, minuman manis tersebut mengandung banyak gula yang menyebabkan seseorang lebih banyak mengonsumsi kalori.

Meski demikian, bukan berarti kamu harus minum air putih sebanyak-banyaknya. Terlalu banyak air putih juga bisa menyebabkan kembung dan gangguan pencernaan.

Lalu, minuman apa saja yang sebaiknya dihindari saat berpuasa?

Dikutip dari laman Emirates 247, kamu sebaiknya menghindari konsumsi teh dan kopi untuk berbuka puasa, apalagi jika dikonsumsi saat sahur dan secara berlebihan. Sebab, kandungan kafein dalam kopi dan teh bisa menyebabkan tubuh lebih mudah kehilangan cairan.

Akibatnya, saat berpuasa kamu menjadi mudah haus. Selain itu, minuman manis juga sebaiknya dihindari saat sahur dan berbuka. Minuman dengan kandungan tinggi gula lebih cepat dicerna oleh tubuh dan menyebabkan kamu menjadi mudah lapar.

Lebih lanjut, minuman bersoda juga harus dihindari selama bulan Ramadhan. Meski terkadang minuman bersoda terlihat menggiurkan untuk melepas dahaga usai seharian berpuasa, jenis minuman ini bisa menyebabkan masalah pencernaan, salah satunya memperlambat proses pencernaan di dalam tubuh.

Saat berbuka puasa, kamu juga sebaiknya tidak langsung minum air dingin. Alih-alih dapat melepas dahaga, air dingin justru dapat menyebabkan pembuluh darah kontraksi dan menyebabkan gangguan pencernaan. Sebagai gantinya, kamu disarankan untuk konsumsi air putih dengan suhu ruangan.



Simak Video "Kunci Puasa Lancar, Ahli Gizi: Penting Makan Sahur"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)