Kamis, 29 Apr 2021 11:36 WIB

Cheon Jeong Ha Meninggal, Apa Kaitan Darah Rendah dengan Penyakit Jantung?

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Cheon Jeong Ha Cheon Jeong Ha meninggal dunia. (Foto: (dok. ist))
Jakarta -

Cheon Jeong Ha, aktris Korea Selatan yang tengah membintangi drama Mouse, meninggal dunia. Dikabarkan, ia meninggal karena penyakit jantung.

"Cheon Jeong Ha ditemukan meninggal dunia di kediamannya kemarin. Dia mengidap tekanan darah rendah. Penyebab kematian diperkirakan serangan jantung karena tekanan darah rendah dan gagal jantung kongestif," ungkap pihak keluarga, dikutip dari detikHot.

Dikutip dari Mayo Clinic, tekanan darah rendah merupakan kondisi yang ditandai dengan nilai tekanan darah di bawah angka 90/60 mmHg.

Angka 90 menunjukkan tingkat tekanan ketika jantung memompa darah ke seluruh tubuh (sistolik). Sementara angka 60 menunjukkan tekanan saat jantung beristirahat sejenak sebelum kembali memompa (diastolik).

Apa hubungannya tekanan darah rendah dengan penyakit jantung?

Perlu diketahui salah satu penyebab seseorang mengalami tekanan darah rendah adalah adanya masalah jantung. Beberapa penyakit jantung yang dapat memicu tekanan darah rendah adalah bradikardia (detak jantung lemah), penyakit katup jantung, serangan jantung, dan gagal jantung.

Ketika seseorang mengalami masalah jantung, fungsi jantung dalam memompa darah tidak akan bekerja secara optimal.

Pada sebagian orang, tekanan darah rendah dapat dirasakan ketika mereka secara tiba-tiba berdiri dari posisi jongkok, duduk, atau tidur. Ketika kamu merasa pusing saat tiba-tiba berdiri, tubuh akan bekerja untuk menyeimbangkan tekanan darah dan pembuluh darah pun jadi menyempit.

Hanya saja dalam beberapa kasus, tubuh dapat gagal dalam menyeimbangkan tekanan darah tersebut. Dengan begitu, tekanan darah justru menjadi makin rendah hingga menyebabkan kepala pusing, pandangan kabur, bahkan pingsan.



Simak Video "Kerja Tak Kenal Waktu, Ini Risikonya untuk Kesehatan!"
[Gambas:Video 20detik]
(ryh/kna)
DMentor
×
The Right Man In The Right Place Dalam Bisnis
'The Right Man In The Right Place' Dalam Bisnis Selengkapnya