Senin, 04 Jan 2021 15:49 WIB

11 Gejala Jantung Bermasalah, Sering Dialami Tapi Terabaikan

Farah Nabila - detikHealth
Rutin Makan Cabai Bisa Turunkan Risiko Kanker dan Penyakit Jantung Gejala jantung bermasalah (Foto: Getty Images/iStockphoto/CasarsaGuru)
Jakarta -

Gejala jantung bermasalah sering diabaikan karena tidak semua masalah jantung datang dengan tanda peringatan yang jelas. Beberapa gejala jantung bahkan tidak terjadi di dada, dan tidak selalu mudah untuk mengetahui apa yang sedang terjadi.

Akan tetapi, lebih baik segera periksa ke dokter jika Anda tidak yakin dengan tanda-tanda masalah jantung yang dialami. Terlebih, jika memiliki faktor risiko penyakit jantung harus lebih memperhatikan tentang berbagai gejala jantung bermasalah.

"Itu terutama benar jika Anda berusia 60 atau lebih tua, kelebihan berat badan, atau menderita diabetes, kolesterol tinggi, atau tekanan darah tinggi," kata Vincent Bufalino, MD, juru bicara American Heart Association.

Dikutip dari WebMd, berikut gejala jantung bermasalah yang tak boleh diabaikan.

1. Rasa tidak nyaman di dada

Rasa tidak nyaman di area dada adalah gejala jantung bermasalah yang paling umum. Jika memiliki arteri yang tersumbat atau mengalami serangan jantung, Anda mungkin merasakan nyeri, sesak, ada tekanan di dada, hingga terbakar.

Perasaan itu biasanya berlangsung lebih dari beberapa menit. Ini mungkin terjadi saat Anda sedang istirahat atau saat melakukan aktivitas fisik.

Menurut direktur laboratorium kateterisasi jantung di Penn State Hershey Heart and Vascular Institute, Charles Chambers, MD, jika rasa sakit terjadi sangat singkat atau area tersebut lebih sakit saat Anda menyentuh atau mendorongnya, itu mungkin bukan jantung. Namun, Anda tetap harus memeriksakannya ke dokter

Selain itu, perlu diingat bahwa seseorang dapat mengalami masalah jantung bahkan serangan jantung tanpa nyeri dada. Itu sangat umum di kalangan wanita.

2. Mual, gangguan pencernaan, mulas, atau sakit perut

Beberapa orang mengalami gejala ini selama serangan jantung, bahkan mereka mungkin bisa muntah. Wanita lebih mungkin melaporkan jenis gejala jantung bermasalah ini daripada pria.

Tentu saja, seseorang bisa mengalami sakit perut karena berbagai alasan yang tidak ada hubungannya dengan jantung. Hal itu bisa terjadi itu dari makanan yang dikonsumsi. Tetapi, perlu disadari bahwa itu juga bisa terjadi selama serangan jantung.

Jadi, jika Anda merasa seperti ini dan berisiko mengalami masalah jantung, biarkan dokter mencari tahu apa yang terjadi, terutama jika Anda juga memiliki gejala lain dalam daftar ini.

Mendengkur juga termasuk gejala jantung bermasalah lho. Simak di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Waspada Tanda-tanda Penyakit Jantung"
[Gambas:Video 20detik]