Rabu, 30 Sep 2020 17:30 WIB

Waspadai Hubungan Penyakit Jantung dan Infeksi COVID-19

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
sakit jantung Ilustrasi sakit jantung. (Foto: shutterstock)
Jakarta -

Terlepas dari fakta bahwa COVID-19 dianggap sebagai penyakit paru, banyak pasien Corona yang dilaporkan mengalami masalah jantung. Tentunya, orang dengan riwayat penyakit jantung akan lebih mungkin mengalami gejala COVID-19 yang lebih buruk. Apa alasannya?

"Selain COVID-19 menyerang paru, dia juga membuat darah mudah kental. Jadi pasien yang sudah punya masalah jantung, terutama masalah jantung koroner, itu akan mengalami keluhan atau manifestasinya sama seperti orang yang kena serangan jantung karena darahnya kental," kata dr Dafsah Arifa Juzar, SpJP(K) dari divisi heartology RS Brawijaya Saharjo, yang ditulis detikcom Rabu (30/9/2020).

Kesehatan jantung dan kaitannya dengan COVID-19 berhubungan dengan adanya kecenderungan pembekuan pembuluh darah pada pasien Corona. Pembekuan darah tersebut akan meningkatkan risiko gangguan jantung, sehingga pada pasien yang sudah memiliki riwayat penyakit tersebut akan lebih rentan mengalami perburukan dan meninggal dunia.

"Mortalitas atau fatalitas pasien COVID-19 itu disertai komorbid lain. Kalau ada penyakit jantung tentu fatal saat kena COVID-19," sebut dr Dafsah.

Sebuah studi yang mengamati lebih dari 72.000 pasien dengan COVID-19 menemukan bahwa sekitar 22 persen pasien yang meninggal memiliki penyakit penyerta kardiovaskular. Studi tersebut juga menemukan bahwa angka kematian di antara pasien dengan penyakit jantung lebih tinggi dibandingkan kondisi kesehatan lainnya.

Dikutip dari Healthline, kondisi tersebut terjadi karena seseorang dengan riwayat penyakit jantung koroner lebih mungkin mengalami komplikasi karena aliran darah ke jantung mereka berkurang dan fungsi pembuluh darah terganggu.

Jika jantung lebih sulit memompa darah ke selnya karena COVID-19, sel jantung bisa rusak dan seseorang berpotensi menderita serangan jantung. Akan makin berat risikonya jika pasien tidak mengetahui memiliki gangguan jantung sebelum terinfeksi Corona.



Simak Video "Yang Harus Dilakukan Jika Tak Bisa Cium Bau Seperti Gejala Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/naf)