Rabu, 30 Sep 2020 17:01 WIB

Terinfeksi COVID-19, Pria Ini Divonis Kemungkinan Hidupnya 5 Persen Lagi

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Ilustrasi pasien di rumah sakit Ilustrasi pasien Corona. (Foto: iStock)
Jakarta -

Laporan terkait efek jangka panjang akibat COVID-19 yang dialami pasien yang sudah sembuh sampai saat ini masih terus berdatangan. Mulai dari sesak napas hingga kelelahan yang berkepanjangan.

Hal ini juga dialami pria bernama Mark Burke dari Dublin, pasca dirinya sembuh dari infeksi Corona yang dialaminya pada Maret lalu. Bahkan sampai saat ini, Mark masih belum bisa melakukan pekerjaannya seharian penuh seperti sebelumnya.

Awalnya pria yang berusia 47 tahun ini merasa tidak enak badan dan suhu tubuhnya tinggi pada Maret lalu. Setelah diperiksa di Rumah Sakit St Vincent di Dublin, ia didiagnosis mengalami pneumonia ganda dan dalam waktu 36 jam akan dipindah ke ruangan ICU dilengkapi dengan ventilator dalam keadaan koma.

Setelah seminggu di ICU, dokter mengatakan persentase Mark bisa bertahan hidup hanya 5 persen. Ia mengalami komplikasi serius yang berkaitan dengan virus Corona, dan mungkin hidupnya kurang dari 24 jam.

Namun, sebuah keajaiban terjadi karena Mark berhasil melewati masa kritisnya. Mark mengatakan tim rumah sakit memberikannya beberapa jenis perawatan dan obat-obatan yang membuatnya cukup kuat untuk melepas ventilator dan masa komanya pada 10 April 2020.

Setelah sembuh, Mark mengatakan sampai saat ini ia masih merasa kelelahan dan kekurangan energi. Dikutip dari RTE News, sudah hampir enam bulan ini Mark masih belum bisa beraktivitas normal.

Meski pernapasannya baik, tetapi dirinya tidak bisa bernapas cepat seperti kebanyakan orang. Jika terlalu lelah, ia bisa lemas dan kehabisan napas.

Sebelum terinfeksi COVID-19, Mark mengatakan dirinya tidak memiliki kondisi kesehatan yang mendasari atau komorbid. Ia merasa tubuhnya fit, kuat, dan sehat, tapi tidak tahu kapan ia tertular virus tersebut.



Simak Video "Ahli Buktikan Remdesivir Percepat Kesembuhan Pasien Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)