Kamis, 29 Apr 2021 15:31 WIB

AS Bolehkan Lepas Masker Usai Vaksinasi, Indonesia Kapan?

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Warga Padang, Sumatera Barat, beraktifitas di  tengah kepulan kabut asap, Kamis (08/10/2015). Masih diselimutinya kawasan sekitaran padang membuat sejumlah warga harus mengenakan masker saat beraktivitas. Grandyos Zafna/detikcom. Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 angkat bicara soal pedoman Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) yang memperbolehkan melepas masker pasca vaksinasi dalam kondisi tertentu. Hal ini menurutnya belum tepat jika diterapkan di Indonesia.

"Kita menghormati panduan yang dikeluarkan CDC Amerika. Namun demikian perlu diingat kondisi di Indonesia berbeda dengan kondisi di Amerika," tegas Prof Wiku Adisasmito dalam konferensi pers BNPB Kamis (29/4/2021).

Pemerintah hingga saat ini belum bisa memastikan apakah warga yang sudah mendapat vaksin Corona bisa benar-benar bebas dari COVID-19. Terlebih, kondisi Corona di Indonesia masih belum terkendali.

Maka dari itu, warga yang sudah mendapat vaksinasi Corona dosis kedua tetap wajib mematuhi protokol kesehatan. Termasuk memakai masker saat di luar ruangan meski tak berkerumun.

"Walaupun sudah mendapatkan vaksin, pemerintah tetap mewajibkan masyarakat untuk mematuhi protokol kesahatan memakai masker," beber Wiku.

"Sampai saat ini pemerintah belum bisa memastikan bahwa semuanpenerima vaksin 100 persen kebal dari COVID-19," pungkasnya.



Simak Video "Aturan Baru CDC soal Tanpa Masker di Luar Ruangan Jika Sudah Vaksin"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)