Kamis, 29 Apr 2021 18:00 WIB

Ada WNI yang Terinfeksi Gelombang Kedua COVID-19 di India, Begini Kondisinya

Firdaus Anwar - detikHealth
Coronavirus Outbreak and Public Health Risk Disease, Lockdown and Quarantine, State Of Emergency Concepts Foto: Getty Images/iStockphoto/goc
Jakarta -

India saat ini kewalahan menghadapi gelombang tsunami COVID-19 yang setiap hari bisa menghasilkan lebih dari 300.000 kasus baru. Rumah sakit ramai menolak pasien karena kapasitasnya sudah penuh, menimbulkan dampak banyak korban jiwa berjatuhan.

Di tengah krisis yang terjadi, diketahui setidaknya ada dua warga negara Indonesia (WNI) yang terinfeksi di India. Hal ini disampaikan oleh mahasiswa asal Indonesia di Jawaharlal Nehru University, Mohammad Agoes Aufiya.

"Sejauh ini saya mendapatkan informasi untuk rekan mahasiswa ada satu orang di gelombang kedua ini yang terinfeksi. Namun sepertinya sudah recovery dengan gejala yang ringan," kata Agoes dalam konferensi yang disiarkan Forum Merdeka Barat 9, Kamis (29/4/2021).

"Lalu terakhir saya juga mendapat informasi ada satu teman saya juga WNI yang terinfeksi gelombang kedua. Alhamdulillah sekali lagi dengan gejala cukup ringan sehingga hanya perawatan di rumah," lanjutnya.

Agoes menjelaskan WNI yang terinfeksi menerima rekomendasi obat-obatan dan vitamin dari dokter. Mereka juga diawasi oleh aplikasi dari pemerintah India yang bisa melacak data status infeksinya.

"Kalau sudah negatif akan dinonaktifkan statusnya sebagai orang terinfeksi," kata Agoes.



Simak Video "Cerita Jurnalis India Menyaksikan Kekacauan Tsunami COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)