Kamis, 29 Apr 2021 18:45 WIB

Shandy Aulia Curhat Sulitnya Menyapih Anak, Ini Saran Konselor Laktasi

Yuviniar Ekawati - detikHealth
Shandy Aulia saat berkunjung ke kantor detikcom. Shandy Aulia (Foto: Asep Syaifullah)
Jakarta -

Proses menyapih bayi tidak selalu mudah bagi para ibu. Seperti dialami oleh artis Shandy Aulia dengan buah hatinya, Claire Wibowo alias Miss Claire.

Shandy Aulia membagikan pengalaman dan tantangan yang ia lalui di akun Instagram miliknya. Miss Claire, panggilan untuk Claire Wibowo, menolak untuk menyusu lewat botol, padahal sebentar lagi ia akan memasuki tahap menyapih.

"Gak terasa udah hampir 15 bulan direct breastfeeding, karena Claire udah dicoba pakai botol juga gak mau. Sampai saat ini masih full ASI," kata Shandy, dikutip dari Instagram miliknya, Rabu (28/4/21).

Berbagai cara telah Shandy Aulia coba untuk dapat menyusui Claire melalui botol, tetapi ia terus menolak dan memilih untuk menyusu langsung lewat payudara atau direct breastfeeding.

"Udah pernah coba sufor beberapa brand tapi Claire gak mau sama sekali. Hasilnya anak ini gak bisa liat mommynya santai dikit langsung maunya nempel aja," sambungnya.

Unggahan tersebut mendapat banyak tanggapan dari netizen. Shandy juga sempat memberikan tanggapan dari komentar netizen yang mengalami hal serupa. Perempuan 33 tahun ini juga mengaku sempat pusing menghadapi situasi tersebut.

Meski begitu, Shandy tidak mau menghadapi kondisi ini dengan terus larut dalam rasa galau. Shandy, mencoba untuk mengambil hikmah positif saat anaknya menolak menyusu lewat botol.

"Aku pikir anakku aja yang enggak mau dot dan sufor. ternyata Claire juga ya. Sempet pusing karena hal itu," kata seorang netizen menanggapi unggahan tersebut.

"Iyaaa... awalnya juga pusing. Tapi akhirnya menikmati aja dan liat hal positifnya. Kalau Claire jadi lebih maunya selalu sama saya. Gak bisa pisah lama-lama dari mommy nya. Semua hal yang terjadi pasti ada hal yang bisa di syukuri," kata Shandy menanggapi komentar dari netizen.

Konselor laktasi dr Lia Kurnia Hartanti mengatakan, proses menyapih sebenarnya bukan cuma urusan anak berhenti menyusu. Momen ini juga sekaligus mengajarkan anak untuk mandiri, tidak tergantung lagi pada ibunya.

Jadi bagaimana sebaiknya menyapih anak?

KLIK DI SINI UNTUK KE HALAMAN SELANJUTNYA



Simak Video "Ahli Gizi: Susu Bear Brand Sama Seperti Susu UHT Biasa"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)