Kamis, 29 Apr 2021 19:30 WIB

Viral Pijat Telinga dengan Pensil Bisa Atasi Nyeri Haid

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Ilustrasi nyeri haid Ilustrasi nyeri haid. (Foto: shutterstock)
Jakarta -

Sebagian wanita sering merasa nyeri saat menstruasi setiap bulannya. Untuk mengatasinya, biasanya dengan mengkonsumsi obat pereda nyeri hingga mengompres bagian yang sakit. Namun, wanita bernama Lessia ini mempunyai cara jitu lain untuk mengatasinya.

Lewat video dalam akun Tiktok miliknya @lessiamac yang telah ditonton lebih dari 14 juta kali, ia memijat area di sekitar celah atas telinga. Alih-alih dengan tangan, Lessia memijatnya dengan penghapus yang ada di ujung pensil.

Dikutip dari Metro UK, Lessia memijat titik tersebut sekitar satu menit. Ia juga melakukan hal yang sama pada telinga yang lain.

Videonya pun mendapat banyak respon dari netizen. Banyak dari mereka yang sudah mencoba trik Lessia dan bisa membantu meringankan kram dan nyeri haid yang muncul. Tapi, ada juga yang tidak merasakan manfaatnya.

"Woah, itu benar-benar mengurangi rasa sakitnya. Baru mencobanya," tulis salah satu netizen di kolom komentarnya.

"Itu membantu, tetapi saya mengalami periode (menstruasi) yang begitu parah. Sehingga hanya mengurangi sedikit (rasa nyerinya)," kata netizen lainnya.

Lalu, apa kata dokter?

"Saya kira itu ada hubungannya dengan akupresur," kata dokter umum di Babylon Health, Dr Claudia Pastides.

Akupresur merupakan teknik pijat tradisional yang mirip dengan akupuntur, tetapi tidak menggunakan jarum, untuk mengobati nyeri haid. Beberapa penelitian menyarankan teknik pijat tersebut, meskipun titik-titik tekanannya tidak pada telinga.

Dr Pastides mengatakan, jika teknik itu berhasil masih bisa rutin dilakukan, namun tetap berhati-hati. Untuk mengurangi nyeri haid atau menstruasi, Dr Pastides menyarankan untuk mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit atau mengompres perut dengan botol berisi air hangat.

Selain obat-obatan, bisa juga mencoba beberapa teknik lain seperti pijat, yoga, pilates, dan mandi air hangat.



Simak Video "Nyeri Hebat saat Menstruasi Bisa Mandul? Ini Penjelasan Dokter!"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)