Jumat, 30 Apr 2021 07:15 WIB

ROUND-UP

Terungkap, Golongan Darah yang Disebut 'Kebal' Corona di India

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Jumlah kasus harian COVID-19 di India masih tinggi. Warga pun ramai-ramai datangi pusat vaksinasi Corona di Mumbai demi mendapatkan vaksin COVID-19. Foto: AP Photo/Rafiq Maqbool
Jakarta -

Corona di India semakin ganas, banyak pasien Corona tak berhasil selamat sebelum mendapatkan perawatan karena jumlah tempat tidur RS terbatas. Ditambah lagi, varian Corona B1617 dengan mutan ganda diyakini ahli memperburuk situasi.

Namun, riset dari lembaga penelitian India melakukan tes serologi atau serosurvey untuk menganalisis kerentanan pasien Corona dari golongan darah. Hasilnya, orang dengan golongan darah AB disebut paling rentan terinfeksi COVID-19, disusul golongan darah B.

Para peneliti dari Council of Scientific Industrial Research (CSIR) mengungkap golongan darah O lebih 'kebal' COVID-19. Golongan darah O ini dikaitkan dengan tingkat kepositifan yang rendah dalam serosurvey tersebut.

Peneliti yang dilakukan oleh 140 dokter di India ini melibatkan 10.427 relawan sukarela di India untuk menjadi subjek penelitian. Di sisi lain, para ahli menyarankan agar setiap orang melakukan pola makan yang baik, kaya akan serat agar bisa meningkatkan imunitas tubuh untuk melawan virus Corona COVID-19.

Dalam studi tersebut, ditegaskan pula bahwa kebiasaan merokok bisa meningkatkan risiko fatal saat terpapar COVID-19. Peneliti menyarankan agar menghentikan kebiasaan tersebut agar kondisi tubuh tetap terjaga di masa pandemi Corona.



Simak Video "Miris! Istri Antar Jenazah Suami yang COVID-19 dengan Becak di India"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/kna)