Sabtu, 01 Mei 2021 17:02 WIB

5 Manfaat Sehat Blewah, Buah Segar yang Jadi Favorit untuk Buka Puasa

Ardela Nabila - detikHealth
buah blewah Foto: iStock/istimewa
Jakarta -

Blewah merupakan salah satu buah yang menjadi ciri khas bulan Ramadhan. Biasanya, blewah dijadikan campuran untuk es buah yang kerap disajikan saat berbuka puasa.

Ternyata, buah ini tak hanya enak dan menyegarkan, tetapi juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Pasalnya, blewah memang mengandung berbagai nutrisi esensial yang bisa membantu menurunkan risiko sejumlah penyakit.

Dikutip dari laman The Healthy, berikut 5 manfaat blewah, buah yang jadi favorit banyak orang untuk menemani waktu berbuka puasa.

1. Menjaga tubuh agar tetap terhidrasi

Mengonsumsi blewah saat berbuka puasa tidak hanya akan membuat tubuh menjadi kembali segar, tetapi juga bisa mengembalikan cairan tubuh yang hilang usai berpuasa. Sebab, blewah mengandung kadar air tinggi yang bisa membuat tubuh kembali terhidrasi. Selain itu, blewah juga mengandung potasium, yakni elektrolit yang hilang ketika tubuh mengeluarkan keringat.

2. Memperlancar pencernaan

Blewah mengandung serat larut dan tidak larut yang baik bagi kesehatan pencernaan, sehingga bisa mencegah terjadinya sembelit dan menjaga saluran cerna yang sehat. Lebih lanjut, konsumsi makanan tinggi serat, seperti blewah, diketahui juga bisa mengurangi risiko terjadinya kanker usus besar.

3. Membantu mengontrol rasa lapar

Makanan tinggi serat seperti blewah dapat membantu perut menjadi lebih mudah merasa kenyang. Dengan demikian, kamu bisa mengontrol nafsu makan dan menjaga berat badan. Blewah juga mengandung rendah kalori dan tidak memiliki lemak atau kolesterol. Selain itu, buah ini juga cocok untuk dikonsumsi saat berbuka puasa lantaran mengandung gula yang bisa mengembalikan energi tubuh.

4. Menjaga kesehatan kulit

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan di Journal of Cosmetic Dermatology, antioksidan dapat membantu memperlambat proses penuaan. Meski penggunaan perawatan kulit yang mengandung vitamin A dan C penting, mengonsumsi buah dengan kandungan yang sama tak kalah pentingnya karena bisa membantu merawat kesehatan kulit dari dalam. Nah, blewah merupakan salah satu buah yang mengandung kedua vitamin tersebut.

5. Menjaga kesehatan rambut

Kandungan vitamin A dan C pada blewah juga bisa membantu menjaga kesehatan dan kekuatan rambut, lho. Vitamin A bisa membantu menjaga kulit kepala dan rambut agar tetap sehat dan lembap, sedangkan vitamin C dibutuhkan untuk pertumbuhan kolagen. Vitamin C juga membantu penyerapan zat besi, yakni zat yang dibutuhkan untuk menjaga kekuatan rambut agar tidak mudah rontok.



Simak Video "Ramadan di Tengah Pandemi Corona, WHO Beri Anjuran untuk Umat Muslim "
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)