Minggu, 02 Mei 2021 02:58 WIB

Perlu Tahu, Ini Penyebab Sering Ngantuk Saat Puasa

Ardela Nabila - detikHealth
asian girl in library Mengantuk saat puasa (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Saat beraktivitas sambil menjalankan ibadah puasa tentunya sering kali banyak yang merasa lemas dan mengantuk. Apalagi, selama berpuasa kita harus menghindari asupan kafein yang biasa dikonsumsi di pagi hari untuk mendongkrak energi.

Kerap kali, rasa kantuk berat yang terus muncul saat beraktivitas tersebut membuat was-was karena disalahartikan sebagai tanda-tanda penyakit diabetes. Padahal, salah satu penyebab mengantuk di siang hari saat berpuasa disebabkan oleh pola tidur yang berubah.

Pasalnya, selama bulan Ramadhan umat Muslim memang dianjurkan untuk bangun sebelum waktu subuh untuk sahur, terlebih bagi para ibu yang harus bangun lebih awal dari anggota keluarga lainnya lantaran harus menyiapkan makanan sahur.

"Kalau puasa mungkin karena perubahan pola (tidur), ya. Karena kita sahur kan, apalagi yang harus menyiapkan (makanan), sehingga bangunnya harus lebih awal. Tapi kalau terkait dengan penyakit diabetes sih hanya pada mereka yang tidak terkendali gulanya dan belum ketahuan dia diabetes," kata dr Suharko Soebardi, SpPD-KEMD dalam acara webinar JEC Eye Talks, Selasa (27/4/2021).

Kurangnya istirahat selama bulan Ramadhan memang membuat tubuh menjadi kurang fit di siang hari saat harus beraktivitas. Selain itu, tubuh yang kurang bugar karena jarang berolahraga selama berpuasa juga menjadi penyebab lain seseorang mudah merasa ngantuk.

Sebab, olahraga memiliki peran penting untuk meningkatkan kebugaran dan energi tubuh. Rutin olahraga juga bisa meningkatkan kualitas tidur di malam hari. Hanya saja, selama bulan Ramadhan banyak sekali yang melewatkan olahraga karena merasa lemas.

"Prinsipnya kan kecukupan istirahat, ya. Orang yang tidak cukup istirahatnya, nanti akan tidak fit, ya. Nah, itu lah tanda-tanda orang yang ngantukan," imbuhnya.

"Kemudian terkait juga dengan kebugaran. Jadi dengan orang yang fit dengan olahraga, maka pada saat dibutuhkan (energi saat beraktivitas) itu lebih fokus. Dan pada saat kita tidur, langsung bisa tidur. Jadi efisien sekali, ya," lanjut dr Suharko.



Simak Video "Kupas Mitos Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)