Minggu, 02 Mei 2021 18:58 WIB

Warning! Varian Corona India Mutan Ganda Sudah Sampai Malaysia

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Otoritas Malaysia melaporkan total kasus virus Corona (COVID-19) di wilayahnya telah melampaui 10 ribu kasus. COVID-19 di Malaysia. (Foto ilustrasi: AP/Vincent Thian)
Jakarta -

Malaysia telah mendeteksi kasus pertama varian baru Corona dari India, B1617. Menurut Menteri Kesehatan Malaysia Adham Baba, kasus ini terdeteksi setelah beberapa hari negaranya memberlakukan larangan penerbangan dari India.

Dikutip dari Reuters, Adham mengatakan bahwa kasus varian B1617 ini terdeteksi dari seorang warga negara India yang diperiksa di Bandara Internasional Kuala Lumpur.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memasukkan B1617 ini ke dalam kategori variant of interest, Disebutkan, varian ini memiliki mutasi yang membuatnya menjadi lebih cepat menular, bahkan bisa melawan antibodi.

"Kami mengimbau masyarakat untuk tetap tenang... Semua upaya kesehatan masyarakat akan terus dilakukan guna memutus mata rantai penularan dan menjamin keamanan masyarakat," ucap Adham.

Seperti diketahui varian B1617 menjadi salah satu penyebab terjadinya lonjakan kasus COVID-19 di India, sehingga membuat negara itu menjadi kewalahan.



Simak Video "Mutasi COVID-19 Melonjak, Inggris Tambahkan India ke Daftar Merah"
[Gambas:Video 20detik]
(ryh/naf)