Selasa, 04 Mei 2021 09:01 WIB

Bill Gates dan Melinda Cerai, Bagaimana Nasib Yayasan Mereka?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
NEW YORK, NY - FEBRUARY 13:  Melinda Gates and Bill Gates speak during the Lin-Manuel Miranda In conversation with Bill & Melinda Gates panel at Hunter College on February 13, 2018 in New York City.  (Photo by John Lamparski/Getty Images) Bill Gates dan Melinda bercerai. (Foto: John Lamparski/Getty Images)
Jakarta -

Pasangan dermawan Bill Gates dan Melinda memutuskan untuk bercerai setelah menikah selama 27 tahun. Kabar ini sontak mengejutkan banyak pihak dan tentu saja mengguncang dunia filantropi.

"Setelah banyak pertimbangan dan banyak pekerjaan pada hubungan kami, kami telah membuat keputusan untuk mengakhiri pernikahan kami," kata keduanya dalam sebuah pernyataan yang diposting di akun Twitter Bill Gates.

"Kami tidak lagi percaya bisa tumbuh bersama sebagai pasangan di fase selanjutnya dalam hidup kami. Kami meminta ruang dan privasi untuk keluarga kami saat kami mulai menjalani kehidupan baru ini," lanjut pernyataan tersebut.

Baik Bill Gates dan Melinda terdaftar sebagai co-chair dari organisasi nirlaba mereka, Bill and Melinda Gates Foundation yang berbasis di Seattle, yang diluncurkan pada tahun 2000.

Yayasan tersebut mengakhiri tahun 2019 dengan aset bersih US$ 43,3 miliar, menurut laporan keuangan setahun penuh terbaru yang diungkapkan pada situsnya.

Dari tahun 1994 hingga 2018, Bill Gates dan Melinda telah memberikan sumbangan lebih dari US$ 36 miliar kepada yayasan tersebut.

Yayasan ini telah memfokuskan perhatiannya pada kesehatan masyarakat, pendidikan dan perubahan iklim, dengan donasi mulai dari dukungan untuk para pembuat vaksin, tes diagnostik dan perawatan medis potensial untuk pandemi virus Corona hingga pengembangan toilet bertenaga surya.

Selama beberapa dekade, salah satu tujuan Bill Gates adalah memberikan sebagian besar kekayaannya selama hidupnya. Pada tahun 2010, dia dan sesama miliarder Warren Buffet membuat "The Giving Pledge," di mana orang-orang kaya berkomitmen untuk menyumbangkan aset mereka.

Hingga kini Bill and Melinda Gates Foundation tidak segera menanggapi permintaan komentar tentang bagaimana yayasan itu akan dijalankan setelah perceraian keduanya.



Simak Video "Keterlibatan Bill Gates di Balik Vaksin Corona Bio Farma"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)