Selasa, 04 Mei 2021 14:37 WIB

Kata Kemenkes soal Kemungkinan RI Alami Second Wave Corona Seperti India

Ayunda Septiani - detikHealth
Satu tahun lalu virus COVID-19 terdeteksi di Indonesia. Setahun berlalu, virus itu masih melanda Indonesia. COVID-19 di Indonesia. (Foto ilustrasi: dok)
Jakarta -

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Kementerian Kesehatan dr Siti Nadia Tarmizi menyebutkan upaya-upaya Indonesia untuk mengantisipasi lonjakan kasus Corona agar tak seperti India.

dr Nadia mengatakan, sebelumnya Indonesia sudah pernah mengalami lonjakan kasus yang cukup tinggi pada akhir Desember sampai Januari lalu. Pada saat itu dr Nadia menuturkan, keterisian rumah sakit bahkan mendekati angka di atas 90 bahkan 95 persen.

Lalu bagaimana upaya yang dilakukan agar tidak krisis kesehatan seperti di India?

"Rumah sakit rujukan COVID yang selama ini memang masih berfungsi, tentunya perlu disiapkan dan juga saat ini kami sedang melakukan salah satunya adalah kajian terkait kesiapan rumah sakit terkait ketersediaan oksigen, pengobatan-pengobatan lainnya, serta ventilator serta juga SDM-nya," jelas dr Nadia dalam keterangan pers Selasa (4/5/2021).

"Harapannya kita semoga segera menyiapkan fasilitas-fasilitas pelayanan kesehatan ini. Kami juga kembali mengingatkan ke pemerintah daerah untuk memastikan kesiapan RSUD serta fasilitas pelayanan kesehatan di wilayahnya untuk mengantisipasi adanya lonjakan kasus," tambahnya.

Selain itu, dr Nadia mengimbau agar masyarakat tetap menjalankan protokol kesehatan. Dan dari sisi fasilitas pelayanan kesehatan tentunya akan disiapkan rumah sakit.

Kemenkes juga menghimbau pemerintah daerah untuk menyiapkan rumah sakit rumah sakit umum daerahnya.



Simak Video "Efek Positif Vaksinasi COVID-19 Mulai Terlihat di Beberapa Negara"
[Gambas:Video 20detik]
(ayd/up)