Rabu, 05 Mei 2021 13:03 WIB

Berkaca dari Perceraian Bill-Melinda Gates, Pertimbangkan Ini Sebelum Menikah

Vidya Pinandhita - detikHealth
Bill and Melinda Gates cerai Foto: AP/Elaine Thompson
Jakarta -

Perceraian Bill Gates dan Melinda Ann French bikin geger seisi dunia. Bukan hanya karena bergelimang harta, tetapi waktu yang dihabiskan bersama hingga puluhan tahun menjadi pertanyaan banyak orang mengapa akhirnya mereka berpisah.

Terlebih, keduanya juga pemilik salah satu perusahaan yayasan amal kesehatan terbesar di dunia. Setidaknya, mereka telah merajut pernikahan selama 27 tahun.

Psikolog dari Klinik Terpadu Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, Anna Surti Ariani menjelaskan, perceraian memang lebih banyak dialami pasangan berusia muda. Namun, pasangan yang sudah menikah selama lebih dari 20 tahun pun bisa bercerai. Hal tersebut melihat data 20 tahun terakhir.

"Tetap lebih banyak di usia lebih muda. 20 tahun terakhir secara global memang meningkat sih angka perceraian bagi mereka yang sudah menikah (selama) lebih dari 20 tahun. Tapi setahuku masih lebih banyak yang bercerai di usia lebih muda," terangnya pada detikcom, Rabu (5/5/2021).

Menurutnya, terlepas dari kondisi usia, ada banyak potensi penyebab perceraian. Mulai dari masalah yang tak kunjung bisa diatasi pasangan, perbedaan prinsip, kesehatan, ekonomi, hingga masalah tertentu yang tak bisa dibandingkan satu pasangan dengan pasangan lainnya, seperti perselingkuhan.

Apa yang perlu disiapkan selagi masih muda?

Dalam kesempatan lainnya, psikolog Anastasia Sari Dewi, founder pusat konsultasi Anastasia and Associate menjelaskan, kaum muda perlu benar-benar mengenal diri sendiri, cita-cita, dan mimpi sebelum memutuskan menikah.

Tak jarang, penyesalan saat menikah timbul karena seseorang tak lagi memiliki waktu dan tenaga untuk melakukan hal-hal yang disukai. Sebelum menikah, lakukan dulu hal-hal yang diinginkan dalam hidup.

"Kalau kalian belum siap membagi waktu untuk pasangan, pikiran dan tenaga untuk pasangan, lebih baik jangan menikah dulu. Menikah itu kan menambah kebahagiaan plus masalah. Masalah pasangan jadi masalah kamu juga. Kebahagiaan pasangan jadi kebahagiaan kamu juga," ujarnya dalam program e-Life detikcom, Jumat (2/4/2021).

Pasangan yang ingin menikah juga bisa berkonsultasi dengan psikolog. Seringkali, konsultasi memantik pertanyaan seputar kesiapan menikah, yang sebelumnya banyak dilupakan oleh pasangan.



Simak Video "Keterlibatan Bill Gates di Balik Vaksin Corona Bio Farma"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/naf)