Rabu, 05 Mei 2021 13:46 WIB

Bertambah! Dari Ratusan WN India yang Masuk RI, 49 di Antaranya Positif Corona

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Otoritas India melaporkan lebih dari 73 ribu kasus virus Corona dalam sehari di wilayahnya. Total kasus Corona di India semakin mendekati angka 7 juta kasus. Foto: AP Photo
Jakarta -

Jumlah kasus positif Corona dari ratusan warga negara asing (WNA) India yang masuk Indonesia terus bertambah. Dari semula 12 kasus, kini totalnya sudah mencapai 49 kasus positif COVID-19.

"Total sebanyak 49 kasus sampai sebelum ditutup kemarin (larangan WNA India masuk ke Indonesia)," demikian konfirmasi Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Siti Nadia Tarmizi kepada detikcom Rabu (5/5/2021).

Sementara kasus positif COVID-19 dari pekerja migran Indonesia di India yang kembali ke tanah air, tercatat 10 kasus dari total 12 orang yang tiba di Indonesia. Data tersebut disebut Nadia, dihimpun Kementerian Kesehatan hingga 25 April 2021.

Hasil whole genome sequencing

Maka dari itu, total whole genome sequencing (WGS) yang tengah diperiksa saat ini sebanyak 59 spesimen positif Corona. Hasil WGS masih belum keluar, dikarenakan sejumlah tahapan pemeriksaan sampel memakan waktu lebih lama.

Baru ada satu kasus WN India yang terbukti positif Corona India mutan ganda B1617. Adalah wanita berusia 38 tahun yang tengah menjalani perawatan di RSPI, DKI Jakarta.

"Saat ini WNA tersebut kondisinya stabil, sehat, dan dirawat di RSPI untuk proses isolasi," tutur Nadia.

Nadia belum bisa memastikan kapan seluruh hasil WGS akan keluar. Namun, selambat-lambatnya diumumkan pekan ini.

"Kita tunggu yang lainnya, semoga dalam minggu ini bisa segera keluar untuk sisa yang lainnya," pungkas Nadia.



Simak Video "Jerman Kirim Alat Kesehatan untuk Hadapi 'Tsunami Corona' di India"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)