Rabu, 05 Mei 2021 14:01 WIB

Waw! Warga Inggris Siap-siap Disuntik Dosis Ketiga Vaksin Corona

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Jakarta -

Inggris akan memberikan dosis ketiga vaksin Corona kepada warganya. Ini berlaku bagi mereka yang berusia di atas 50 tahun.

Dikutip dari Reuters, surat kabar The Times melaporkan bahwa setiap orang yang berusia di atas 50 tahun di Inggris akan ditawari untuk menerima dosis ketiga vaksin Corona.

Pemberian dosis ketiga ini menjadi upaya Inggris untuk menekan angka infeksi COVID-19 sebelum Natal 2021.

Disebutkan, ada dua opsi yang sedang diuji coba untuk pemberian dosis ketiga vaksin Corona di Inggris. Pertama, melibatkan vaksin yang dimodifikasi secara khusus untuk melawan varian baru Corona.

Kedua, pemberian dosis ketiga menggunakan salah satu vaksin dari tiga jenis vaksin Corona yang telah digunakan di Inggris, yakni Pfizer-BioNTech, Oxford-AstraZeneca, atau Moderna.

Wacana pemberian dosis ketiga vaksin Corona memang sudah beberapa kali dibahas. Sebelumnya kepala petugas medis BioNTech, Dr Ozlem Tureci, mengatakan bahwa kekebalan antibodi dari dua dosis vaksin terhadap virus kemungkinan berkurang.

Oleh karena itu, ia menyarankan agar orang-orang perlu mendapatkan vaksinasi COVID-19 setiap tahunnya, seperti vaksin flu musiman.

"Kami melihat indikasi untuk ini. Kami melihat memudarnya respons imun ini juga pada orang yang baru saja terinfeksi dan itu juga sepertinya dengan vaksin," jelas Tureci, dikutip dari CNBC International.

Kemudian CEO Sinovac, Yin Weidong, pun mengatakan bahwa pihaknya tengah melakukan penelitian tentang kemungkinan pemberian dosis ketiga vaksin Corona untuk memperkuat efikasi vaksin.

"Kami sekarang menganalisa data tingkat perlindungan setelah enam bulan, termasuk melakukan eksperimen dalam memberikan suntikan ketiga pada penerima untuk melihat apakah ada peningkatan proteksi lebih tinggi. Beberapa hasilnya diharapkan akan segera keluar," ungkap Weidong, dikutip dari Global Times.

(ryh/naf)