Kamis, 06 Mei 2021 15:18 WIB

Sudah Ada Transmisi Lokal COVID-19 Varian India di Tangsel? Ini Jawab Satgas

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Kasus positif COVID-19 di Indonesia terus bertambah dan diprediksi tembus 1 juta kasus di tengah penerapan PPKM dan dicanangkannya vaksinasi virus Corona. Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Kasus baru Corona India mutan ganda B1617 tengah dirawat di RS Hermina Tangerang Selatan. Muncul dugaan sudah ada transmisi lokal dari varian tersebut.

Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito mengingatkan untuk mematuhi protokol kesehatan di tengah kemunculan varian baru Corona. Pemerintah disebutnya sudah berupaya memperketat pengawasan masuknya varian-varian baru di sejumlah pintu masuk Indonesia.

"Untuk mencegah terjadinya penularan COVID-19 saya meminta kepada masyarakat untuk dapat mematuhi protokol kesehatan dalam setiap aktivitas yang dilakukan," jelas Wiku tanpa menjawab kejelasan apakah sudah ada transmisi lokal di Corona India mutan ganda, dalam konferensi pers Kamis (5/5/2021).

Mutasi Corona berdampak pada akurasi tes COVID-19

Terlebih, mutasi Corona bisa berdampak pada akurasi tes COVID-19 hingga efektivitas vaksin Corona yang tengah dipakai maupun dikembangkan.

"Mutasi Corona bisa menurunkan efektivitas vaksin, karena umumnya vaksin dikembangkan dengan jenis-jenis virus spesifik, dan berpotensi juga menurunkan akurasi testing," jelas Wiku dalam konferensi pers Kamis (5/5/2021).

"Karena lokasi-lokasi atau hotspot yang berbeda-beda pada setiap varian sehingga dapat menurunkan akurasi pemeriksaan PCR yang memiliki target yang spesifik," tuturnya.



Simak Video "Jerman Kirim Alat Kesehatan untuk Hadapi 'Tsunami Corona' di India"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)