Kamis, 06 Mei 2021 20:37 WIB

Suami Joanna Alexandra Meninggal, Terpapar COVID-19 dengan Komorbid Asma

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Joanna Alexandra Foto: Instagram: @joannaalexandra
Jakarta -

Berita duka kembali datang dari dunia hiburan Indonesia. Suami Joanna Alexandra, Raditya Oloan, meninggal dunia. Kabar ini diketahui lewat postingan kerabat hingga teman Radit dan Joanna Alexandra.

"Till we meet again my friend @radityaoloan. Kenangan orang baik seperti lo selalu jadi berkat and berbekas di hati banyak orang.. Pray for @joannaalexandra And Family to stay strong," jelas akun Pascal Lasmana dalam Instagram miliknya.

Tepat 2 hari lalu, Joanna dalam akun Instagramnya memposting kondisi terkini mendiang suami. Disebutnya, Radit tengah berjuang melawan COVID-19 di ICU dengan bantuan ventilator.

"Kondisinya post covid dengan komorbid asma, and he is going through a cytokine storm yang menyebabkan hyper-inflammation in his whole body," cuitnya di akun Instagram pribadi, Selasa (4/5/2021).

Seberapa fatal sih komorbid COVID-19 asma?

Menurut Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Amerika Serikat (CDC), infeksi COVID-19 pada pengidap asma bisa menyebabkan pneumonia hingga penyakit pernapasan akut. Kondisi bisa berakhir kritis jika pasien mengalami perburukan gejala terus menerus.

"Asma adalah penyakit radang, dengan infeksi pernapasan menjadi salah satu penyebab paling umum, ini berarti pasien dengan asma dapat mengalami eksaserbasi (perburukan gejala) asma mereka, efek virus corona COVID-19," kata Jack Stewart, MD, ahli paru di Rumah Sakit St Joseph di Orange County, California, Amerika Serikat.

"Orang dengan asma sedang hingga parah atau tidak terkontrol lebih mungkin dirawat di rumah sakit karena COVID-19," lanjut CDC.

Dikutip dari Very Well Health, dalam kasus yang parah, ada juga risiko COVID-19 dapat menyebabkan serangan asma, menyebabkan pneumonia, atau menyebabkan penyakit pernapasan akut.

Umumnya, asma tidak dianggap meningkatkan risiko tertular virus Corona. Namun, pasca terinfeksi, besar kemungkinan risiko mengalami gejala COVID-19 lebih buruk, hingga membutuhkan waktu pemulihan dari COVID-19 cukup lama.

Gejala asma dan COVID-19

Gejala asma dan COVID-19 bisa serupa, sehingga sulit untuk membedakan kondisi. Namun, Asthma and Allergy Foundation of America (AAFA) memberikan catatan seperti berikut.

  • Batuk adalah gejala yang biasa terlihat pada kedua kondisi tersebut.
  • Gejala asma umum lainnya seperti mengi, sesak napas, dada sesak, dan napas cepat terkadang terlihat pada COVID-19.
  • Demam sering muncul bersamaan dengan COVID-19 tetapi jarang dikaitkan dengan asma.
  • Kelemahan dan kelelahan terkadang bisa dikaitkan dengan kedua kondisi tersebut.
  • Kehilangan penciuman, mual, muntah, diare, nyeri tubuh, sakit kepala, dan sakit tenggorokan terkadang terlihat pada COVID-19 tetapi tidak berhubungan dengan asma.

Simak video 'Suami Joanna Alexandra Meninggal Dunia':

[Gambas:Video 20detik]



(naf/up)