Jumat, 07 Mei 2021 13:00 WIB

Diidap Raditya Oloan, Dokter Jelaskan Risiko COVID-19 dengan Komorbid Asma

Vidya Pinandhita - detikHealth
Joanna Alexandra, Raditya Oloan Foto: dok. Instagram
Jakarta -

Kabar duka datang dari suami aktris Joanna Alexandra. Raditya Oloan meninggal dunia setelah terinfeksi COVID-19. Meski hasil sudah negatif, kondisi tubuhnya melemah. Joanna sempat mengungkapkan, suaminya memiliki riwayat komorbid asma dan mengalami badai sitokin.

Dokter spesialis penyakit dalam Dr dr Arto Yuwono Soeroto, SpPD, KP, FCCP, FINASIM dari PB Perhimpunan Respirologi Indonesia (PERPARI) menyebut, riwayat asma berpotensi menyebabkan gejala berat pada pasien COVID-19.

Namun menurutnya, kondisi ini tidak perlu dikhawatirkan lantaran selama asma dikontrol, risiko gejala berat bisa diminimalkan.

"Ketika asma terkontrol dengan baik, artinya terkendali dengan baik dengan pengobatan yang maju sekarang ini nggak ada keluhan, sesak, batuk, bengek (mengi) maka asma yang seperti itu tidak meningkatkan risiko tertular COVID-19. Kalau sudah dapat COVID juga tidak menyebabkan COVID lebih berat," terangnya dalam diskusi daring," Jumat (7/5/2021).

"Tapi sebaliknya, kalau asma tidak terkendali dengan baik, tidak berobat, tidak dengan benar jadi asmanya sering sekali timbul maka itu jadi berpengaruh terhadap beratnya penyakit dan kerentanan penyakitnya," lanjutnya.

Pengidap asma bisa mengupayakan perlindungan di tengah pandemi COVID-19. Mulai dari menghindari pemicu seperti debu dan makanan tertentu, hingga rutin berobat.

"Message-nya, penderita asma di era pandemi harus betul-betul mengelola asma dengan baik dan benar supaya tidak menjadi lebih rentan menderita COVID-19 dan tidak mendapat COVID yang berat," imbuhnya.

Ia menambahkan, asma bisa timbul pada orang yang sewaktu kecil tidak pernah mengidap asma. Bisa karena asma timbul 'terlambat', atau semasa kecil asmanya tak terdeteksi lantaran hilang-timbul.

"Mitosnya seolah-olah hanya penyakit anak-anak padahal asma bisa terjadi di remaja, dewasa, bahkan asma bisa terjadi di lansia. Jangan pernah beranggapan asma hanya penyakit anak-anak. Bahkan, asma bisa timbul pada orang-orang yang gemuk," ujar dr Arto.



Simak Video "Cegah Long Covid, Perhatikan Sejumlah Tindakan Preventif Ini!"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/up)