Sabtu, 08 Mei 2021 11:24 WIB

Terpopuler Sepekan

Varian Corona B1617 dari India Masuk RI, Ini Potensi Bahayanya

Firdaus Anwar - detikHealth
Coronavirus Outbreak and Public Health Risk Disease, Lockdown and Quarantine, State Of Emergency Concepts Foto: Getty Images/iStockphoto/goc
Jakarta -

Dalam sepekan ini, Kementerian Kesehatan RI telah mengonfirmasi dua kasus varian Corona B1617 di DKI Jakarta. Varian B1617 merupakan varian lokal dari India yang disebut-sebut sebagai salah satu faktor penyebab gelombang tsunami COVID-19 di sana.

"Sudah ada mutasi baru yang masuk yaitu mutasi dari India. Ada dua insiden yang sudah kita lihat, dua-duanya di Jakarta," kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin beberapa waktu lalu.

Varian B1617 disebut juga sebagai varian mutan ganda karena memiliki dua mutasi kunci yakni E484Q dan L452R. Dua mutasi tersebut sebelumnya tidak pernah dilaporkan ada secara bersamaan pada varian lain.

Peneliti menduga dua mutasi yang dimiliki varian B1617 membuatnya jadi lebih mudah menular dan lolos dari kemampuan netralisasi antibodi.

Imunolog Dr Alain Lamarre dari Institut national de la recherche scientifique (INRS), Kanada, menjelaskan mutasi kunci yang dimiliki B1617 berkaitan dengan respons antibodi yang lebih buruk. Ini artinya kemungkinan antibodi yang dikembangkan berkat vaksin saat ini jadi berkurang efektivitasnya.

Hanya saja ahli mengingatkan masih perlu bukti lebih jauh. Sejauh ini Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) masih menetapkan varian Corona B1617 sebagai Variant of Interest (VoI) atau masih diteliti.

Vaksin tetap disarankan karena meski tidak bisa seratus persen mencegah infeksi, setidaknya mengurangi angka orang yang membutuhkan perawatan di rumah sakit dan kematian.



Simak Video "Alasan WHO Tetapkan Corona India B1617 Sebagai 'Variant of Concern'"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)