Sabtu, 08 Mei 2021 16:08 WIB

Terpopuler Sepekan

Mengenal Sindrom Guillain-Barre Penyebab Guru Susan Lumpuh Usai Vaksin

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Susan, guru honorer di Sukabumi alami kelumpuhan usai menjalani vaksinasi COVID-19. Foto: Syahdan Alamsyah
Jakarta -

Seorang guru honorer asal Sukabumi dilaporkan mengalami gangguan penglihatan dan kelumpuhan usai divaksinasi COVID-19 tahap kedua. Menanggapi hal ini, Ketua Komisi Nasional Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) Prof Hindra Irawan Satari mengatakan guru Susan mengidap sindrom Guillain-Barre.

"Diagnosis dari DPJP RSHS: guillain barre syndrome," kata Prof Hindra.

Prof Hindra menjelaskan bahwa kondisi GBS yang dialami guru Susan tidak berkaitan dengan vaksin COVID-19 yang diterimanya. Masih belum ada cukup bukti yang menunjukkan bahwa sindrom yang dialaminya berkaitan dengan vaksin.

Dikutip dari CDC, Guillain-Barre Syndrome (GBS) atau sindrom Guillain-Barre adalah kelainan langka di mana sistem kekebalan tubuh merusak sel saraf. Kondisi ini menyebabkan kelemahan otot dan terkadang kelumpuhan.

Meski penyebabnya belum sepenuhnya dipahami, sindrom GBS ini sering terjadi setelah infeksi virus atau bakteri. Gejala utamanya adalah kelemahan dan kesemutan.

Efek dari sindrom ini bisa menyebar dengan cepat hingga melumpuhkan seluruh tubuh. Paling parah, orang yang mengalami sindrom Guillain-Barre ini harus dirawat di rumah sakit untuk menerima perawatan.

Sampai saat ini belum ada obat yang spesifik untuk sindrom Guillain-Barre. Tetapi, ada beberapa perawatan yang bisa meredakan atau mengurangi durasi penyakit. Meski banyak yang sembuh, angka kematian akibat sindrom ini adalah 4-7 persen.

Sekitar 60-80 persen pengidap sindrom GBS ini mampu berjalan dalam enam bulan. Pasien dengan sindrom ini juga mungkin mengalami efek yang menetap, seperti kelemahan, mati rasa, atau kelelahan.

Sebelumnya, risiko Guillain-Barre Syndrome juga dikaitkan dengan vaksinasi (terutama vaksin flu yang digunakan di AS selama wabah flu babi tahun 1976). Namun, penelitian menemukan kecil kemungkinan bisa mengalami kondisi ini pasca vaksinasi.



Simak Video "Kenali Guillain Barre Syndrome yang Menimpa Guru Susan"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/fds)